HEADLINE

Ratusan Titik Api di Kalimantan Belum Berhasil Dipadamkan

Ratusan Titik Api di Kalimantan Belum Berhasil Dipadamkan

KBR, Jakarta - Sekira 400 titik api yang tersebar di tiga provinsi di Kalimantan hingga kini masih belum bisa dipadamkan. Provinsi itu adalah Pontianak sebanyak 248 titik, Palangkaraya 112 titik, dan Banjarmasin 76 titik. Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ratusan titik api itu mengakibatkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di tiga wilayah itu berbahaya. Akibatnya 80 ribu lebih warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

"Kalimantan juga sama. Kalimantan itu tetap yang banyak itu ada di Kalteng, dan Kalbar. Dan ISPU, atau kualitas udara di Kalteng, atau Palangkaraya 1897, hampir 6 kali lipat untuk standar minimum berbahaya."

Sutopo menambahkan, kebakaran hutan dan lahan masih akan berpotensi meningkat hingga akhir November 2015. Untuk mengantisipasinya BNPB mengaku telah mengerahkan 25 pesawat yang disebar di enam provinsi yang mengalami kebakaran. Pesawat itu antara lain terdiri dari pesawat water bombing, dan untuk teknologi modifikasi cuaca.  

Editor: Rony Sitanggang

  • kebakaran hutan dan lahan
  • presiden joko widodo
  • Sutopo Purwo Nugroho
  • BNPB
  • titik api
  • kalimantan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!