Ratusan Titik Api di Kalimantan Belum Berhasil Dipadamkan

Kualitas udara hingga level enam kali lipat dari berbahaya

BERITA | NASIONAL

Rabu, 23 Sep 2015 16:25 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Ratusan Titik Api di Kalimantan Belum Berhasil Dipadamkan

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran di Banjarbaru Kalsel (foto: Tim Komunikasi Presiden)

KBR, Jakarta - Sekira 400 titik api yang tersebar di tiga provinsi di Kalimantan hingga kini masih belum bisa dipadamkan. Provinsi itu adalah Pontianak sebanyak 248 titik, Palangkaraya 112 titik, dan Banjarmasin 76 titik. Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ratusan titik api itu mengakibatkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di tiga wilayah itu berbahaya. Akibatnya 80 ribu lebih warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

"Kalimantan juga sama. Kalimantan itu tetap yang banyak itu ada di Kalteng, dan Kalbar. Dan ISPU, atau kualitas udara di Kalteng, atau Palangkaraya 1897, hampir 6 kali lipat untuk standar minimum berbahaya."

Sutopo menambahkan, kebakaran hutan dan lahan masih akan berpotensi meningkat hingga akhir November 2015. Untuk mengantisipasinya BNPB mengaku telah mengerahkan 25 pesawat yang disebar di enam provinsi yang mengalami kebakaran. Pesawat itu antara lain terdiri dari pesawat water bombing, dan untuk teknologi modifikasi cuaca.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Filipina Memperingatkan Warga Siaga Karena Gunung Taal Berpotensi Meletus Lagi