Kerugian Akibat Bencana Asap di Riau Rp. 20 Triliun

Walhi buka posko pengaduan untuk menampung kerugian warga akibat asap.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 16 Sep 2015 19:19 WIB

Author

Yudi Rachman

Ilustrasi: Kabut asap menyelimuti Pekanbaru (Foto: KBR/Amel M.)

Ilustrasi: Kabut asap menyelimuti Pekanbaru (Foto: KBR/Amel M.)

KBR, Jakarta - Walhi Riau mencatat kerugian sementara akibat bencana asap mencapai Rp 20 triliun. Menurut Direktur Eksekutif Walhi Riau Riko Kurniawan, Walhi membuka posko untuk menerima pengaduan dari masyarakat termasuk soal kerugian.  Kata dia, kerugian-kerugian itu berdasarkan waktu masyarakat, kerugian kesehatan hingga anak sekolah yang tidak bisa mengenyam pendidikan.

"Potensi sampai pertengahan September ini mendekati Rp 20 triliun rupiah kerugian yang dialami oleh Riau, itu baru satu, Riau. Walhi sendiri membuka posko pengaduan di 7 kota termasuk juga kerugian-kerugian yang dialami masyarakat. Tetapi sampai saat ini masih dalam pengumpulan data," jelas Direktur Eksekutif WALHI Riau Riko Kurniawan kepada KBR, rabu (16/09).

Direktur Eksekutif Walhi Riau Riko Kurniawan menambahkan, seharusnya pemerintah pusat dan daerah memiliki standar operasional prosedur dalam mengatasi bencana asap. Sehingga, penanganan korban bencana asap lebih maksimal. Salah satu contoh buruk penanganan korban asap adalah tidak adanya lokasi evakuasi untuk jutaan warga Riau dan minimnya masker untuk melindungi masyarakat.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN