HEADLINE

Evakuasi dari Asap, Kemenkes: 6 Juta Orang Dipindahin Kemana?

Evakuasi dari Asap, Kemenkes: 6 Juta Orang Dipindahin Kemana?

KBR, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan menilai evakuasi bukan pilihan yang tepat untuk menyelamatkan warga yang terkena kabut asap. Padahal kabut asap paling parah menerpa Riau sejak tiga hari lalu. Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno mengatakan, ini lantaran tidak ada lahan atau tempat untuk mengevakuasi penduduk Riau yang jumlahnya sangat besar, lebih dari 6 juta jiwa.

"Ya ini kan belum tentu. Ini kan kita lihat keadaannya makin baik. Kalau ada hujan segala, ya kita pikir (evakuasi) buat apa? Kan evakuasi gitu bayangin 6 juta orang mau dipindahin. Dipindahin kemana? Gak ada yang bisa numpangin. Saya rasa bukan pilihan yang tepat lah. Ya lihat kondisi aja," kata Untung saat diwawancara KBR  Jumat (18/9/2015).


Sekjen Kemenkes Untung menambahkan, warga akan lebih aman jika berada di dalam rumah. Sehingga ia menolak ide evakuasi ke gedung olahraga (GOR) yang membuat masyarakat bercampur baur. Karena proses penularan penyakit, terutama penyakit pernapasan, akan menjadi lebih cepat.


Satgas Kebakaran Hutan lebih memilih menggencarkan bom air dan hujan buatan sebagai solusi bencana asap.  

Editor: Rony Sitanggang

  • bencana asap
  • kebakaran hutan dan lahan
  • evakuasi
  • bom air
  • hujan buatan
  • Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!