Bagikan:

Kerjasama KBR dengan KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Waktu Indonesia Sehat: Siapkah kita menjadi SMART di Usia Produktif dan Usia Lansia?

Adanya proses penuaan akan berdampak pada menurunnya fungsi fisiologis dan metabolisme tubuh. Oleh karenanya penting sekali mempersiapkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif (SMART).

RAGAM

Jumat, 05 Agus 2022 18:25 WIB

Author

Paul M Nuh

Waktu Indonesia Sehat: Siapkah kita menjadi SMART di Usia Produktif dan Usia Lansia?

Waktu Indonesia Sehat: Siapkah kita menjadi SMART di Usia Produktif dan Usia Lansia?

KBR, Jakarta - Menua adalah “Proses Alamiah”. Adanya proses penuaan akan berdampak pada menurunnya fungsi fisiologis dan metabolisme tubuh. Oleh karenanya penting sekali mempersiapkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif (SMART). Jumlah orang lanjut usia (Lansia) di Indonesia saat ini sekitar 27,1 juta orang atau hampir 10% dari total penduduk. Pada tahun 2025 diproyeksikan jumlah Lansia meningkat menjadi 33,7 juta jiwa (11,8%).

Peningkatan jumlah Lansia dengan berbagai masalah kesehatannya menjadi tantangan bagi kita untuk mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri, agar meminimalisir beban bagi masyarakat dan negara.

drg. Kartini Rustandi - Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia, Kementerian Kesehatan RI, memaparkan, kenapa harus SMART? Kita menginginkan semua orang, mulai anak-anak, usia produktif sampai lansia harus menjadi orang yang sehat, orang yang mandiri, orang yang aktif dan produktif, karena bangsa kita harus menjadi bangsa yang mampu bersaing.

Tujuan lansia yang SMART, drg. Kartini melanjutkan, karena bangsa Indonesia harus sehat. Syaratnya sehat ya jangan sakit. Itu cita-cita masa depan Indonesia. Sejak muda kita harus membangun kesehatan kita, sehingga ketika menginjak pra lansia dan lansia kita tetap dalam kondisi sehat. Dan, penurunan fungsi tidak menyebabkan ketergantungan kepada orang lain.

Menurut drg. Kartini, jika sejak muda menjaga dan mengatur pola makan, maka pada masa tua tubuh kita tidak akan menjadi sakit. Rajin berolah raga juga akan menjaga tubuh kita tetap fit. 

Saat lansia, beberapa penyakit yang umumnya timbul antara lain menurunnya fungsi tubuh, contoh; penglihatan dan pendengaran. Jika badan kurang bergerak penyakit yang sering timbul antara lain hipertensi dan gangguan pernafasan.

Cerita lengkap drg. Kartini tentang kesehatan lansia bisa anda simak di KBR Prime, Spotify dan youtube Berita KBR.

Baca juga: Waktu Indonesia Sehat: Sehat Jiwa dari Diri dan Keluarga - kbr.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mengkritik Klaim Pemberantasan Korupsi di Era Jokowi

Most Popular / Trending