Share This

[Advertorial] Menuju Perhelatan APACT12th: Indonesia dan Upaya Pengendalian Tembakau

Pengendalian tembakau tak hanya menjadi upaya mencapai SDGs di bidang kesehatan, namun juga menjadi kunci pencapaian bagi seluruh aspek.

KABAR BISNIS , KABAR BISNIS

Kamis, 23 Agus 2018 14:31 WIB

“Pengendalian Tembakau untuk Pembangunan Berkelanjutan: Memastikan Lahirnya Generasi Sehat” merupakan tema penyelenggaraan The 12th Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT12th), yang akan diselenggaakan di Nusa Dua, Bali, pada 13-15 September 2018 mendatang.

“Pemuda  merupakan generasi yang akan meneruskan langkah negara di masa mendatang, untuk itu kita perlu memastikan bahwa anak-anak Indonesia terbebas dari epidemi membahayakan yang dihasilkan dari konsumsi rokok,” kata Komite Pemuda APACT12th, Hasna Pradityas. 

Pengendalian tembakau tak hanya menjadi upaya mencapai SDGs di bidang kesehatan, namun juga menjadi kunci pencapaian bagi seluruh aspek. Cukai rokok dan kemiskinan, perlindungan perempuan dan anak, hak asasi manusia, pertanian tembakau, pekerja industri, hingga pariwisata bebas asap rokok  akan dibicarakan dalam konferensi ini.

“Tantangan besar selalu hadir dalam upaya pengendalian tembakau di Indonesia. Meski demikian Indonesia memiliki tak sedikit upaya signifikan yang dilakukan untuk mendorong pengendalian rokok, produk tembakau yang terbukti adiktif dan berbahaya. Upaya-upaya tersebut perlu diperlihatkan kepada masyarakat umum dan dunia internasional,” jelas Ketua APAC12th, Arifin Panigoro.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan APACT12th, Indonesia diharap lebih memberi perhatian pada persoalan rokok ini. “Pemerintah Indonesia perlu menyusun aturan komprehensif, untuk melindungi generasi penerus bangsa melalui upaya pengendalian tembakau yang telah dilakukan selama ini,” tambah Penasehat Internasional APACT, Prof Emil Salim.

APACT12th menjadi kali pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan internasional dalam isu pengendalian tembakau. “Kami menerima lebih dari 900 karya ilmiah dari 47 negara tak hanya dari kawasan Asia Pasifik, dan 800 peserta telah memastikan kehadirannya,” tutur Sekretaris Jenderal APACT12th, Nurul Luntungan. 

------------------------------------------------------------------------------------------------

Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT/Konferensi Asia Pasifik tentang Tembakau dan Kesehatan) merupakan agenda dua tahunan di kawasan Asia Pasifik. Pertama kali diadakan di Taipei pada 1989, APACT mempertemukan peneliti, masyarakat dan pemerintah yang menaruh perhatian pada mewabahnya epidemi tembakau di dunia. Asia Pasifik merupakan kawasan dengan tingkat konsumsi tembakau tertinggi di dunia, sehingga menjadi target utama pengembangan bisnis industri tembakau. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.