BERITA

Merdeka itu Sanksi FIFA Dihapus dan Bebas Mafia Sepakbola

Merdeka itu Sanksi FIFA Dihapus dan Bebas Mafia Sepakbola

KBR, Balikpapan – Para insan sepakbola berharap peringatan ulang tahun ke-70 RI menjadi momen kebangkitan sepakbola nasional, setelah sempat mengalami keterpurukan akibat kasus pengaturan skor, pembekuan PSSI oleh Kemenpora hingga sanksi FIFA.

Pelatih klub Persiba Balikpapan Eduard Tjong mengatakan hingga kini sepakbola Indonesia masih belum merasakan kemerdekaan karena terkekang dan terbelunggu berbagai kepentingan. Hal itu membuat olahraga yang paling digemari itu sulit berperstasi.


Eks pemain tim nasional itu juga meminta pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam sepakbola Indonesia agar bersikap arif, bijak dan tidak egois. Karena ada ribuan orang yang selama ini hidupnya bergantung dari sepakbola.  


"Kalau bisa sepakbola kita merdeka lah, maksudnya merdeka semua. Lepas dari pembekuan PSSI, lepas dari kasus pengaturan skor. Kalau saya itu saja.  Tapi saya minta ke (Presiden) Jokowi agar ini dimerdekakan. Kalau ke Menpora, pasti akan mental lagi,” kata bekas pemain Arseto Solo itu, Selasa (18/8).


Kisruh akibat konflik PSSI dan Menpora yang tak kunjung selesai, telah berdampak pada kondisi sepakbol di tanah air. Hampir empat bulan lamanya olahraga paling digemari itu terkatung-katung.


Hingga kini kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama maupuna Liga Nusantara belum bisa bergulir karena Kemenpora belum mencabut status pembekuan PSSI. Hal itu membuat kepolisian tidak mengeluarkan ijin pertandingan.


Menpora beralasan, sepakbola Indonesia harus dibersihkan dulu dari mafia sepakbola. Baru SK pembekuan PSSI dicabut.


Editor: Agus Luqman 

  • sepakbola nasional
  • PSSI
  • Sanksi FIFA
  • Kemenpora
  • mafia sepakbola

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!