HEADLINE

KPPU Segera Adili Perusahaan Pelaku Kartel Daging Sapi

"Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf mengatakan 24 perusahaan diduga melakukan penimbungan daging sapi yang menyebabkan harga daging meroket. "

Yudi Rachman

KPPU Segera Adili Perusahaan Pelaku Kartel Daging Sapi
Ilustrasi pedagang daging sapi di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto ANTARA)

KBR, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengadili 24 perusahaan yang terindikasi melakukan praktik kartel (persekongkolan memainkan harga) daging sapi.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf mengatakan 24 perusahaan itu diduga melakukan penimbungan daging sapi yang menyebabkan harga daging meroket.

Selain itu, puluhan perusahaan itu diduga melakukan modus yang sama, yaitu menahan pasokan daging sapi untuk mendapatkan keuntungan besar dengan harga yang tinggi.

"Perusahaan ini memang terindikasi melakukan kartel, jadi pasokan daging ditahan, hingga membuat kelangkaan daging, lalu harga menjadi tinggi. Insya Allah minggu depan atau paling lambat awal September kita akan mulai menyidangkan perusahaan-perusahaan yang terindikasi melakukan kartel itu," kata Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf di Istana Kepresidenan, Rabu (19/8).

Syarkawi Rauf menambahkan KPPU mencatat pola kartel daging sapi terus berulang sejak tahun 2013 meskipun perusahaan-perusahaan yang melakukan kartel berbeda-beda. Kata dia, sanksi kepada perusahaan yang terbukti melakukan kartel bisa berupa denda dan pencabutan izin perusahaan.

Praktik penimbunan stok sapi sebelumnya diduga dilakukan dua perusahaan di Tangerang Banten. Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri menggerebek dua perusahaan itu, dan menemukan ada 20-an ribu ekor sapi di lokasi penggemukan ternak.

Dari 20-an ribu sapi itu, sekitar 4000 ekor diantaranya sudah siap potong, namun tidak kunjung dilepas oleh perusahaan.

Polisi menduga perusahaan itu menimbun pasokan sapi agar harga daging sapi terus tinggi. Saat ini harga daging sapi mencapai Rp140 ribu per kilogram. Harga ini jauh di atas harga sebelumnya di kisaran Rp80 ribu per kilogram.

Editor: Agus Luqman

  • sapi
  • daging sapi
  • harga daging sapi meroket
  • KPPU
  • kartel
  • Kartel Daging Sapi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!