Komnas HAM akan Temui Kapolri, Serahkan Hasil Penyelidikan Rusuh Tolikara

Kamis ini Komnas HAM temui Kapolri serahkan hasil penyelidikan kasus Tolikara.

, BERITA , NASIONAL

Selasa, 25 Agus 2015 14:02 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Komnas HAM akan Temui Kapolri, Serahkan Hasil Penyelidikan Rusuh Tolikara

Anggota Komnas HAM, Natalius Pigai (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Kamis lusa akan bertemu dengan Kapolri Badrodin Haiti untuk membahas  perkembangan penyidikan kasus di Tolikara, Papua. Anggota Komnas HAM Natalius Pigai mengatakan, pihaknya juga akan menyerahkan hasil rekomendasi penyelidikan lembaganya ke Kapolri. Selain itu, Komnas HAM juga akan meminta Badrodin Haiti menjelaskan soal penyelidikan internal di kepolisian soal penembakan di sana.

"Iya, itu kan sudah. Kita juga masih menghormati institusi kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan penegakkan hukum di internal, kan jalan. Besok baru kita mau bicara. Tapi, kita sudah mengumpulkan informasi di lapangan dari kepolisian di tingkat bawah, kapolresnya, dan lain sebagainya. Sebagaimana sudah kita sampaikan ke publik, melalui rekomendasi Komnas." Ujar Pigai.

Komnas HAM menemukan dua pelanggaran utama dalam kerusuhan Tolikara. Dua pelanggaran itu adalah gangguan ibadah terhadap umat muslim, serta penembakan yang menewaskan satu orang dan melukai 11 orang lainya. Komnas HAM menilai, kasus Tolikara bukan hanya perkara intoleransi. Namun ada kasus HAM besar yang jadi latar belakangnya. Untuk menelusuri ini, Komnas HAM akan berkoordinasi dengan Menkopolkam, Kapolri, dan panglima TNI.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Make Sex Healthy Again

News Beat

Kabar Baru Jam 7