HEADLINE

Butuh 19 Tahun, Daftar Tunggu Haji di Pontianak

"Daftar tunggu haji paling cepat di Kalimantan Barat butuh waktu selama 13 tahun."

Jayanti Mandasari

Butuh 19 Tahun, Daftar Tunggu Haji di Pontianak
Ilustrasi Jemaah Haji (Foto: KBR/Yudha S.)

KBR,Pontianak - Daftar tunggu jemaah calon haji di provinsi Kalimantan Barat mencapai 19 tahun lamanya. Kepala kantor wilayah kementerian agama provinsi Kalimantan Barat, Syahrul Yadi, mengatakan, daftar tunggu terlama tersebut adalah jemaah calon haji dari kota Pontianak yang telah mendaftar di tahun 2015 ini. Sedangkan, daftar tunggu tercepat berasal dari kabupaten Kayong Utara mencapai 13 tahun lamanya.


Lebih lanjut Syahrul Yadi menambahkan, lamanya waktu tunggu bagi para jemaah calon haji di provinsi Kalimantan Barat itu disebabkan adanya pembatasan kuota yang berlaku bahkan secara nasional.Sehingga, umat muslim di provinsi inipun diharapkan dapat memaklumi hal tersebut dan bersabar hingga tibanya panggilan ke tanah suci. Pada tahun ini jumlah jemaah calon haji provinsi Kalimantan Barat mencapai 1872 orang.


“Kuota haji kita yang tetap 1872. Masing-masing kabupaten/kota bervariasi, paling lama 18 apa 19 tahun dari kota Pontianak. Paling cepat 13 tahun itu di Kabupaten Kayong Utara,” ujar Syahrul Yadi kepada KBR di Pontianak, Senin, 24 Agustus.


Dibagian lain Syahrul Yadi mengatakan, terkait dengan kesiapan penyelenggaraan ibadah haji September mendatang, berbagai persiapanpun telah dilakukan dengan baik. Mulai dari pembentukan panitia penyelenggaran ibadah haji daerah (PPIHD) provinsi Kalimantan Barat hingga asrama haji bagi akomodasi jemaah calon haji.


Menurut Syahrul Yadi, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus jemaah calon haji Kalimantan Barat, yaitu dari segi kesehatan dimana kasus MERS masih menjadi wabah di timur tengah.

Kemudian, potensi gelombang panas yang dikhawatirkan menghampiri tanah suci karena saat ini memasuki musim panas di tanah suci. Bahkan, pergesekan antara Yaman dan Arab Saudi akibat ISIS juga perlu menjadi perhatian dari para jemaah calon haji.


Editor: Rony Sitanggang

  • jemaah haji
  • daftar tunggu
  • calon haji
  • kementerian agama kalimantan selatan
  • kuota haji

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!