Kondisi RSUD Jayapura: Kekurangan Tenaga Medis, Pasien Covid-19 Meningkat

Kondisi itu membuat rumah sakit kewalahan.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 22 Jul 2021 08:16 WIB

Author

Arjuna Pademme

Kondisi RSUD Jayapura: Kekurangan Tenaga Medis, Pasien Covid-19 Meningkat

Ilustrasi tenaga kesehatan merawat pasien Covid-19. Foto: ANTARA

KBR, Jayapura- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Papua, saat ini kekurangan tenaga medis. Itu terjadi karena ada puluhan tenaga kesehatan di RS tersebut yang positif Covid-19. Yakni, mulai dari dokter hingga tenaga penunjang kesehatan di rumah sakit.

Wakil Direktur RSUD Jayapura, Silwanus Sumule mengatakan kondisi itu membuat pihak rumah sakit kewalahan, sebab di saat bersamaan pasien yang terinfeksi virus korona juga terus bertambah.

"Yang utama sekarang tambah tenaga. Kami butuh ketenagaan. Saat ini kita kekurangan. Mengapa, karna sebagai kami punya tenaga tenaga [nekes] positif. Dokter (umum), dokter spesialis positif. Dokter spesialis kita ada empat yang positif, terus kemudian dokter umum ada 10 orang, kemarin kita punya perawat ada 37 orang, penunjang ada tujuh atau delapan orang yang positif," kata Silwanus Sumule, Rabu (21/7/2021).

Silwanus Sumule menambahkan, selain kekurangan tenaga kesehatan, RSUD Jayapura juga kekurangan oksigen, alat pelindung diri, tempat tidur, dan ruangan rawat inap.

Akibat kondisi tersebut, sekira 27 pasien dirawat di luar ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Mereka adalah pasien yang sedang menunggu hasil swab tes. 

Menurutnya, solusi mendesak yang kini dibutuhkan adalah tambahan tenaga kesehatan, tempat tidur, tempat merawat pasien, dan tabung oksigen.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10