covid-19

Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat COVID-19

"Ya enggak ada masalah kalau memang dibutuhkan. Tapi kan nanti Kemenkes akan berhitung apakah ini efisien atau efektif enggak."

BERITA | NASIONAL

Senin, 12 Jul 2021 18:41 WIB

Author

Heru Haetami

Gedung DPR Diusulkan Jadi RS Darurat COVID-19

Gedung DPR/MPR di Senayan, Jakarta. (Foto: postel.go.id)

KBR, Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan tak masalah bila Kompleks Parlemen difungsikan sebagai rumah sakit darurat Covid-19. Hal itu disampaikan Dasco usai memeriksa sejumlah lokasi di Kompleks Parlemen, Jakarta, untuk memastikan kesiapan Kompleks Parlemen tersebut, Senin (12/7/2021).

Namin demikian kata dia usul menyulap gedung DPR jadi rumah sakit darurat Covid-19 harus mempertimbangkan aspek efisiensi dan efektifitasnya.

"Ya enggak ada masalah kalau memang dibutuhkan. Tapi kan nanti Kemenkes akan berhitung apakah ini efisien atau efektif enggak. Sementera mereka sedang menyiapkan di banyak tempat," kata Dasco di Kompleks Parlemen.

Dasco menuturkan, usai memeriksa langsung beberapa tempat atau ruangan, ditemukan beberapa kendala. Di antaranya tempat tidur pasien yang tidak dapat dimasukan ke dalam lift, banyak ruangan yang kedap suara dan sirkulasi udaranya tidak standar serta beberapa ruangan harus dibongkar jika akan digunakan.

"Salah satu ruang yang diusulkan untuk dijadikan ruang perawatan yakni ruang paripurna yang berada di lantai tiga, namun ruangan paripurna hanya memiliki 1 lift untuk memasukkan tempat tidur tidak cukup dan konstruksi bangunan di ruang paripurna tidak rata atau menurun, jika nantinya digunakan untuk bangsal rumah sakit darurat tidak memungkinkan," kata Dasco

Menurut Dasco, lokasi yang dimungkinkan bisa dipergunakan yakni lapangan yang di Kompleks Parlemen dengan ukuran 80×90 meter. Namun lapangan tersebut hanya bisa dibangun untuk tenda darurat .

"Kawan-kawan bisa menilai secara teknis akan memungkinkan atau tidak. Nah mungkin yang tersisa dari seluruh area yang tadinya mau dipergunakan, ya mungkin yang tersisa yang memungkinkan bisa dipakai ada lapangan ukuran 80x90 dan tentunya ini nggak bisa dibikin per tingkat, kan hanya tenda-tenda darurat," katanya.

Usulan Kompleks Parlemen menjadi rumah sakit darurat Covid-19 datang dari berbagai kalangan. Salah satunya dari dokter influencer Tirta Mahindra Hudhi. Menurutnya gedung DPR/MPR memiliki halaman luas yang bisa dimanfaatkan untuk rumah sakit darurat Covid-19.

Selain itu usulan juga disampaikan anggota DPR Fraksi Demokrat Benny K. Harman. Melalui cuitannya di Twitter ia mengatakan bahwa lonjakan kasus membuat rumah sakit penuh dan pasien mengantri untuk mendapatkan perawatan.

"Sebaiknya halaman dan gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat Covid-19. Untuk keselamatan rakyat, keselamatan dan kesembuhan pasien Covid. Ada pendapat lain?" kata Benny.

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11