BERITA

Bio Farma Produksi Alat Tes Covid-19 Pakai Kumur, Klaim Akurasi Tinggi

Bio Farma Produksi Alat Tes Covid-19 Pakai Kumur, Klaim Akurasi Tinggi

KBR, Jakarta - Perusahaan farmasi milik negara PT Bio Farma bakal memproduksi alat tes Covid-19 Bio Saliva. 

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan, Bio Saliva merupakan alat tes untuk mendeteksi virus Covid-19 dengan metode berkumur.

"Bio Saliva di mana pengetesannya kita tidak melakukan yang dari hidung tapi dengan sifatnya yang kumur-kumur. Ini juga memberikan suatu experience baru dari sisi kenyamanan buat masyarakat yang ingin melakukan pengetesan ini," kata Honesti saat rapat kerja dengan Komisi bidang BUMN di DPR RI, Rabu (7/7/2021).

Honesti menambahkan, saat ini masih dilakukan pengujian untuk menentukan akurasi alat tersebut. Dia mengklaim dari pengetesan yang sudah berjalan, Bio Saliva menunjukkan akurasi tinggi hingga 90 persen.

Selain itu, Bio Saliva juga diklaim bisa mendeteksi semua varian virus yang sedang berkembang di Indonesia.

Nantinya, produk baru itu akan diproduksi sekitar 40 ribu per bulan. Namun dia belum menetapkan harga eceran tertinggi (HET), lantaran masih berkonsultasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKPP).

"Nanti kami akan sampaikan informasi terkait harga akhirnya nanti setelah evaluasi dengan BPKP. Tapi kemungkinan lebih murah dari PCR yang sekarang," katanya.

Editor: Wahyu S.

  • bio saliva
  • bio farma
  • alat tes covid-19
  • Covid-19
  • pandemi
  • 3T
  • Bio Farma

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!