Seleksi Pemimpin KPK, ICW: 3 Pati Bermasalah

“Tiga temuan ini seharusnya Pansel bisa menjadikan sebuah catatan untuk dikonfirmasi ulang kepada figur-figur tersebut."

, BERITA , NASIONAL

Senin, 29 Jul 2019 09:03 WIB

Author

Astri Septiani

Seleksi Pemimpin KPK, ICW: 3 Pati Bermasalah

Gedung Merah Putih KPK. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Indonesia Corruption Watch (ICW) memberi catatan khusus bagi tiga calon pemimpin KPK dari unsur Polri. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengungkapkan, ketiga perwira tinggi itu adalah Firli Bahuri,  Antam Novambar, dan  Dharma Pongrekun.

Kata  Kurnia, mereka  memiliki catatan rekam jejak yang buruk dan mesti jadi perhatian Pansel Capim KPK.

“Tiga temuan ini seharusnya Pansel bisa menjadikan sebuah catatan untuk dikonfirmasi ulang kepada figur-figur tersebut. Jika ditemukan ada kebenaran dalam dugaan-dugaan tersebut maka seharusnya Pansel bisa mempertimbangkan apakah yang bersangkutan pantas atau tidak untuk memimpin lembaga KPK setidaknya empat tahun kedepan,” kata Kurnia di Kantor YLBHI, Sabtu (28/7/19).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menjelaskan, bekas Deputi Penindakan KPK  Firli Bahuri diduga melakukan pelanggaran etik karena bertemu kepala daerah yang sedang diperiksa KPK dalam sebuah kasus, sementara  Antam Novambar diduga mengintimidasi bekas Direktur Penyidikan KPK Endang Tarsa saat lembaga antirasuah itu menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka.

Sementara  Dharma Pongrekun diduga menandatangani surat pemanggilan untuk penyidik KPK Novel Baswedan terkait dugaan penganiayaan berat terhadap pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu tahun 2004. Selain itu kata Kurnia,  dugaan  pelanggaran prosedur saat mengeluarkan salah seorang tahanan ketika yang bersangkutan menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.  

Kurnia menyebut berdasarkan data yang dihimpun ICW, seluruh Capim dari unsur kepolisian tak patuh melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Hal ini sangat disayangkan, sebab kata Kurnia LHKPN mestinya jadi salah satu indikator untuk menilai integritas Capim KPK.

Dia meminta Pansel tak meloloskan Capim KPK dengan rekam jejak dan integritas yang buruk.

Saat ini  Irjen  Firli Bahuri menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan, sedangkan Irjen Antam Novambar menjabat sebagai Wakil Kabareskrim, dan jendral polisi bintang 3   Irjen Dharma Pongrekun menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Masyarakat Sipil Tolak Rencana Amandemen UUD 1945