Menteri Susi Minta ada Hak Asasi Laut

"Keinginan saya supaya laut ini diberi hak asasi laut. Manusia yang kecil saja punya hak asasi,"

, BERITA , NASIONAL

Senin, 22 Jul 2019 19:09 WIB

Author

Astri Septiani

Menteri Susi Minta ada Hak Asasi Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan keinginannya agar ada hak asasi laut. Hak asasi laut penting dan harus diperjuangkan, karena ditujukan untuk menjaga laut secara berkelanjutan.

Hasil laut, tukas Susi, dibutuhkan setiap manusia untuk menjaga kebutuhan protein.

"Keinginan saya supaya laut ini diberi hak asasi laut. Manusia yang kecil saja punya hak asasi manusia. Apalagi, planet bumi ini yang 71 persennya berupa laut. Itu yang paling penting. Supaya untuk kecukupan protein untuk manusia di dunia ini yang setiap tahun bertambah. Bertambah lho, bukan berkurang," tutur Susi di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (22/7/19).

Susi juga menekankan betapa pentingnya mewujudkan komitmen dan aksi bersama seluruh negara di dunia, untuk menjaga laut yang terhampar luas. Salah satu yang komitmen yang dinanti Menteri Susi adalah komitmen seluruh negara di dunia untuk sama-sama mau mengakui bahwa pencurian ikan di wilayah negara orang lain, merupakan kejahatan terorganisasi transnasional (transnational organized crime).

"Mengapa saya menginginkan dunia menganggap pencurian ikan sebagai kejahatan terorganisasi transnasional, karena ikan dunia itu penting bagi seluruh negara. Kalau di luar negeri tidak terjaga, nanti akan berpengaruh ke kita juga. Seperti (efek) domino," pesan Susi. 

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Make Sex Healthy Again

News Beat

Kabar Baru Jam 7