HEADLINE

Jokowi Siapkan 3,5 T untuk Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

Jokowi Siapkan 3,5 T untuk  Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Danau Toba, Sumatra Utara, sebagai destinasi wisata Bali baru, yang berkelas dunia. Jokowi mengatakan, pengembangan wisata Danau Toba akan rampung dalam dua tahun, atau hingga 2020.

Jokowi juga berjanji mencabut izin perusahaan yang terbukti mencemari perairan danau tersebut.

"Dulu saya memutuskan perencanaan pengelolaan Danau Toba ini sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas. Tapi memang produk di sini harus diperbaiki. Brand-nya harus diangkat, sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi. Nanti memang perbaikan itu, tidak hanya urusan tempat wisata. Tapi juga lingkungannya harus kita urus total," kata Jokowi di kawasan Danau Toba, Senin (29/07/2019).


Jokowi menyebut, pengembangan Danau Toba membutuhkan bujet hingga belasan triliun rupiah. Ia berkata, APBN akan mengalokasikan dana Rp3,5 triliun, sedangkan sisanya bisa dikerjakan oleh swasta. Jokowi meyakini, pembangunan berbagai infrastruktur dasar di Danau Toba akan mendatangkan banyak investor untuk ikut membangun destinasi wisata tersebut.


Jokowi optimistis, Danau Toba bisa menarik jutaan wisatawan asing ke Sumatra Utara. Alasannya, kawasan tersebut memiliki 28 jenis pariwisata, yang terbagi dalam empat cluster, meliputi sisi sejarah, sisi budaya, sisi air, dan sisi alam. Selain itu, kata Jokowi, Danau Toba akan dipasarkan dengan konsep yang berbeda dibanding destinasi wisata lainnya, seperti Bali dan Mandalika.


Editor: Rony Sitanggang

  • danau toba
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!