BERITA

BPS: Bahan Makanan Sumbang Inflasi Tertinggi

BPS: Bahan Makanan Sumbang Inflasi Tertinggi

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi sebesar 0,55 persen pada Juni 2019. Inflasi tertinggi terjadi pada bahan makanan.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang disebabkan tingginya permintaan masyarakat pada saat lebaran.


"Dari hasil pemantauan BPS di 82 kota pada bulan Juni 2019 terjadi inflasi sebesar 0,55 persen. Dengan 0,55 persen ini, inflasi tahun kalender oleh dari Januari ke Juni 2019 adalah sebesar 2,05 persen sementara inflasi tahun ke tahun adalah 3,28 persen," katanya ketika merilis berita resmi statistik di Jakarta, Senin (1/7/2019).


Kepala BPS, Suhariyanto menambahkan, inflasi yang terjadi pada Juni 2019 terkendali, karena masih di bawah target pemerintah sebesar 3,5 persen.


Adapun bebeberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga dan menyumbang inflasi antara lain cabai merah, ikan segar, sayuran, dan sebagainya.


Sementara komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menyumbangkan deflasi antara lain bawang putih, daging ayam ras, telur ayam ras, serta tarif angkutan udara.


Kota Manado menjadi kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia sebesar 3,60 persen. 


Editor: Kurnia Syahdan

  • Inflasi
  • BPS
  • Makanan
  • cabai merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!