HEADLINE

Pesawat AMA Ditemukan di Gunung Napua, Seluruh Penumpang Tewas

Pesawat AMA Ditemukan di Gunung Napua, Seluruh Penumpang Tewas

KBR, Jayapura- Dua kru pesawat Assosiation Mission Aviation (AMA) dan 3 penumpang warga Distrik Darakma, Kabupaten Nduga dinyatakan meninggal, pasca ditemukannya pesawat berbadan kecil di sekitar Gunung Napua, Kabupaten Jayawijaya. Kedua kru pesawat atas nama Wouter Moulders, warga negara Belanda sebagai pilot dan Valens Ido Naibaho, warga negara Indonesia, sebagai co pilot. Sementara 3 orang penumpang lainnya bernama Sanabut, Don dan Ondomget.

Direktur AMA Papua, Djarot Soetanto menyebutkan pagi tadi Tim SAR gabungan menemukan pesawat di sekitar Gunung Napua dalam keadaan hancur.  Proses evakuasi hari ini melibatkan 5 pesawat, sebanyak 3 pesawat dari AMA, 2   helikopter misi dan Freeport.


"Jadi barusan saya menerima kabar kepastian bahwa semua korban kecelakaan itu meninggal semua. Lalu, sekarang sudah disiapkan evakuasi dengan helikopter. Setelah itu tentu akan dilakukan pemeriksanaan sebagaimana prosedur yang berlaku untuk asuransi, sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan ketika kita melakukan klaim. Maka setelah bisa dibawa turun akan dibawa ke rumah sakit," kata Djarot ketika ditemui di Kantor AMA Papua di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (6/7/2017).


Sementara itu di hanggar pesawat AMA, telah disiapkan 2 meja bertaplak putih yang disiapkan untuk menaruh peti jenasah kru pesawat.


Pesawat AMA nomor registrasi PK-RCX sempat hilang kontak 8 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Wamena pada Rabu 5 Juli lalu. Pesawat terbang dari  Wamena sekitar pukul 11.08 WIT, seharusnya tiba di Darakma sekitar pukul 11.30 WIT. Maskapai penerbangan AMA mengklaim saat melakukan penerbangan itu, cuaca dalam keadaan kurang baik, namun masih dalam keadaan aman untuk dilakukan penerbangan.


Editor: Rony Sitanggang

  • Assosiation Mission Aviation (AMA)
  • Direktur AMA Papua
  • Djarot Soetanto
  • pesawat jatuh
  • Pesawat Pilatus Portes PK-RCX

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • radot gurning7 years ago

    Semoga amal ibadah para korban ditrima allah swa