HEADLINE

Pengalihan Tol Pejagan, Jalur Pantura Kanci pun Macet

"“Kemacetan sudah terjadi sejak jam 4 subuh tadi pagi.""

Pengalihan Tol Pejagan,  Jalur Pantura Kanci pun Macet
Kendaraan pemudik terjebak macet di ruas tol menuju Brebes Timur. (Foto: KBR/Frans M.)

KBR, Cirebon- Memasuki H-2 Lebaran atau Senin 04/07/2016 pemudik kembali terjebak macet di jalur tol. Kemacetan di pintu keluar Brebes Timur yang ekornya mencapai pintu keluar tol Kanci Cirebon, membuat petugas mengalihkan arus.

Sebelum memasuki tol Pejagan, kendaraan pemudik   dialihkan keluar pintu tol Kanci selanjutnya melalui jalur pantura lewat Gebang - Losari. Pengalihan arus ini pun mengakibatkan kemacetan di jalur Pantura Kanci.

“Kemacetan sudah terjadi sejak jam 4 subuh tadi pagi. Sampai siang sekitar pukul 11.00 WIB, kendaraan belum terurai,” kata  Sae Mulyana Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Palikanci, Senin (04/07/2016).

Menurut Mulyana, kemacetan yang terjadi sejak subuh itu mencapai 40 Km. Untuk meminimalisir kemacetan lebih panjang pihaknya memberlakukan pengalihan arus mulau dari tol Kanci.

“Kemacetannya memang tersekat-sekat, karena dibeberapa jalur juga diberlakukan pengalihan arus," terangnya.

Menurutnya, selain karena volume kendaraan yang cukup tinggi dibanding tahun lalu, kemacetan juga disebabkan oleh penerapan sistem integrasi jalan tol.

"Sebelum adanya sistem terintegrasi, ada jeda penumpukan kendaraan di beberapa pintu pembayaran. Namun dengan adanya sistem pembayaran terintegrasi ini, membuat jumlah kendaran yang cukup besar, tiba secara bersamaan," katanya.

Sementara, untuk mengurai kemacetan jajaran Polres Cirebon menerjunkan tim pengurai di sejumlah titik seperti di Pangenan, Gebang dan Losari hingga perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah.

"Seluruh kekuatan Tim pengurai kita tarik dari Pos Pengamanan Palimanan ke jalur Pantura," kata Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • mudik 2016
  • kemacetan jalur mudik
  • Sae Mulyana Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Palikanci

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!