Ketua KPU Baru Diminta Lanjutkan Prestasi Husni Kamil Manik

Pada era Husni Kamil Manik, KPU banyak menjadi rujukan bagi penyelenggara pemilu di negara lain.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 09 Jul 2016 16:26 WIB

Author

Ninik Yuniati

Ketua KPU Baru Diminta Lanjutkan Prestasi Husni Kamil Manik

Sejumlah kerabat membacakan alquran di depan jenazah Ketua KPU Husni Kamil Manik di rumah duka di Jakarta, Kamis (7/7). Foto: Antara

KBR, Jakarta - Ketua KPU yang baru diminta mampu melanjutkan prestasi almarhum Husni Kamil Manik selama memimpin KPU. Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini mengatakan, salah satu prestasi Husni yaitu eksistensi KPU di dunia internasional. Menurut Titi, pada era Husni Kamil Manik, KPU banyak menjadi rujukan bagi penyelenggara pemilu di negara lain.

"KPU Filipina dan Myanmar belajar pada penyelenggaraan pemilu kita. Kita ini negara yang pemungutan dan penghitungan suara di TPS nya paling transparan lho di dunia, teknologi scanning C1, pemutakhiran data pemilih yang data basenya nasional, itu luar biasa kemajuannya. Kabar baik ini perlu disebarkan pada dunia internasional, kita kan juga beberapa kali menghosting kegiatan-kegiatan internasional," kata Titi ketika dihubungi KBR, Sabtu (9/7/2016).

Titi Anggraini menambahkan, ketua KPU ke depan juga semestinya tetap menjaga independensi dan kemandirian lembaga. Kata dia, KPU periode ini berhasil menjaga jarak dengan kepentingan politik.

"KPU ini kan sekarang karena independensi dan kemandiriannya, banyak mendapatkan gempuran dari para politisi, misalnya kewajiban membuat peraturan KPU dengan berkonsultasi pada DPR dan pemerintah," ujar dia.

Titi menyarankan keenam komisioner KPU segera menggelar rapat pleno untuk memilih ketua baru. Kata dia, pemilihan ketua bisa diselenggarakan terlebih dahulu daripada penetapan penggantian antarwaktu (paw) Husni sebagai anggota KPU. Kata dia, keberadaan ketua akan berpengaruh pada kelancaran penyelenggaraan pilkada serentak.

"Jadi dalam konteks pengadministrasian, memang diperlukan posisi ketua karena ada peran-peran, dan fungsi-fungsi di dalam keorganisasian penyelenggara pemilu dijalankan yang dijalankan oleh ketua KPU," jelasnya.

Menurutnya, keenam komisioner layak menjadi ketua.

"Saya kira enam-enamnya punya kompetensi dan layak untuk menjadi ketua KPU, dengan segala pengalaman mereka," tuturnya.

Ketua KPU Husni Kamil Manik lahir di Medan, Sumatera Utara pada 18 Juli 1975. Husni menjadi  Ketua Komisi Pemilihan Umum sejak 12 April 2012. Sebelumnya ia merupakan komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat sejak  2008.

Baca juga: Ketua KPU Husni Kamil Manik Meninggal Karena Sakit

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18