Jalur Selatan Cilacap Ramai Lancar, Brebes-Banyumas Merayap

Arus lalu lintas di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Cilacap pada Senin pagi (4/7/2016) terpantau ramai lancar.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 04 Jul 2016 09:40 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Jalur Selatan Cilacap Ramai Lancar, Brebes-Banyumas Merayap

Arus lalu lintas terpantau ramai lancar di Jalan Lintas Selatan (JLS) Karangpucung Kabupaten Cilacap, Senin pagi. (Foto: KBR/Muhamad Ridlo)

KBR, Cilacap – Arus lalu lintas di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Cilacap pada Senin pagi (4/7/2016) terpantau ramai lancar. Kendaraan pribadi dan sepeda motor mendominasi arus lalu lintas kali ini. Yakni, sepeda motor mencapai 30 ribu lebih dan kendaraan pribadi roda empat 25 ribu. Kendaraan lainnya adalah bus serta truk pengakut sembako.

Data di Pos AJU Perbatasan Jawa Tengah Jawa Barat, volume kendaraan terpantau tetap tinggi sejak Sabtu dan Minggu kemarin. Di mana pada Sabtu dan Minggu kemarin, total 60 ribu kendaraan lebih masuk dari Jawa Barat ke Jawa Tengah di Jalur Lintas Selatan.

Salah satu pemudik yang ditemui KBR di Rest Area Karangpucung, Sugeng Haryanto mengatakan, arus lalu lintas di Jalur Cilacap relatif lancar. Pemudik asal Maos Kabupaten Cilacap ini mengaku hanya terkena macet panjang di Nagreg dan Limbangan Kabupaten Garut dan tanjakan Gentong, Tasikmalaya.

Setelah masuk Kota Banjar dan Dayeuhluhur, kendaraan lancar. Kata dia, lalu lintas JLS Cilacap kendaraan hanya sedikit terhambat di Pertigaan Dayeuhluhur dan Pasar Tradisional Wanareja. Setelah itu, kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan sedang.

"Macet tu daerah Nagreg, kemudian Gentong terus sampai sini nih, sebelum Wanareja,daerah Wanareja. Mungkin banyak arus yang memotong jalan. Jalan persimpangan yang menuju ke Cilacap itu kan ada, nah itu yang macetnya. Wanareja ya, nah itu di situ macetnya," kata Sugeng Haryanto (4/7/2016).

Berbeda dengan JLS yang ramai lancar, Jalur penghubung antara Pantura menuju Jalur Tengah Jawa Tengah antara Prupuk Kabupaten Brebes menuju Ajibarang Kabupaten Banyumas merayap puluhan kilometer.

Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di Prupuk Kabupaten Brebes, Wawan mengatakan, sejak Jumat pekan kemarin, ribuan kendaraan keluar dari tol Brebes masuk ke jalur tengah Banyumas. Menurut dia, waktu tempuh menjadi molor sekira tujuh jam dari kondisi normal yang hanya sekira tiga jam.

Wawan menambahkan, kendaraan juga mengular di sejumlah SPBU, seperti di Bumiayu dan Ajiabarang. titik macet antara lain di komplek pasar dan pertokoan Bumiayu, Brebes. Selain itu, Pasar Ajibarang yang terletak di persimpangan menuju jalur selatan jawa juga menjadi simpul kemacetan lain.  (qui) 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan