Arus Balik, Begini Siasat Korlantas Atasi Macet di Brexit

"Saya imbau jangan terfokus di Cipali saja bisa menggunakan selatan mulai dari Jogja, Kebumen, Purwarejo kemudian sampai Ciamis, Garut, Soreang sampe Bandung silakan guna maksimal."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 07 Jul 2016 19:46 WIB

Author

Ade Irmansyah

Arus Balik, Begini Siasat Korlantas Atasi Macet di Brexit

Kemacetan di Brebes Timur pada arus mudik lalu. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia menyarankan pemudik tak memusatkan perjalanan melalui tol Brebes Timur-Cipali. Kakorlantas, Agung Budi Maryoto mengatakan pemudik juga bisa melintasi jalur selatan.

"Kemudian arus balik, saya imbau jangan terfokus di Cipali saja bisa menggunakan selatan mulai dari Jogja, Kebumen, Purwarejo kemudian sampai Ciamis, Garut, Soreang sampe Bandung silakan guna maksimal, mungkin sehingga bisa pecah lalinnya," ujarnya kepada wartawan di Kantor Korlantas, Jakarta, Kamis (07/07/2016).

Dia juga menyebut, tak ada kendaraan yang boleh ke luar Brebes Timur dari arah Jakarta.

"Seluruh gate tol di Brebes Timur diprioritaskan dari arah timur jadi tidak ada yang ke luar Brebes Timur dari Jakarta. Tidak ada semua. Kita tarik semua nanti akan temu di Palimanan. Jadi msyarakat pemudik juga bisa bantu dengan ikuti himbauan," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengalihan jalur ke Brebes Barat jika antrean kendaraan mencapai lebih dari 5 Km, kemudian dialihkan ke Pejagan jika penumpukan kendaraan juga terjadi di Brebes Barat. Selain itu juga kata dia, pihaknya juga akan melakukan pengalihan arus jika terjadi penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama sehingga pemudik diharapkan dapat mematuhi rekayasa lalu lintas.

"Sesudah Palimanan lalu Cikopo maka berakhir mendekati Jakata kota, Cikarang Utama, Cikarang Utama ada 35 gate dibuka semua untuk arah timur nanti kalau antriannya sudah melebihi di Cibatu, Km 34,700 saya buka semua, masuk gratis, itu untuk masuk ke Jakarta. seperempat jam normal tetap lagi bayar lagi itu untuk mengatispasi kemcetan panjang kayak kemarin," ujarnya.

Terakhir dia menyarankan agar masyarakat dapat mempercepat perjalanan pulang sebelum akhir pekan. Pasalnya Korlantas memperkirakan, puncak arus balik nanti bakal terjadi pada H+3 dan H+4 lebaran yang jatuh pada hari Sabtu dan minggu mendatang.

Editor: Dimas Rizky 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat