HEADLINE

Kompolnas: Kinerja Buwas tak Buruk

Kompolnas: Kinerja Buwas tak Buruk

KBR, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai kinerja Kabareskrim Mabes Polri Budi Waseso tak sepenuhnya buruk seperti yang ramai diprotes oleh sejumlah pegiat antikorupsi. Komisioner Kompolnas M Nasser mengatakan, salah satu kinerja baik Kabareskrim Buwas adalah memperbolehkan penyidik kepolisian yang tengah menangani suatu kasus untuk diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam). Karena Kabareskrim sebelumnya tak memperbolehkan penyidik diperiksa oleh Propam.

"Di luar daripada hal-hal yang dianggap oleh masyarakat kontroversial, dia juga melakukan pembenahan yang tidak dilakukan oleh Kabareskrim-Kabareskrim sebelumnya. Misalnya memperbaiki beberapa aturan yang sebetulnya tidak benar. Aturan yang membuat penyidik menjadi merajalela," kata Nasser kepada KBR, Jumat (17/7/2015).

Nasser menambahkan, perubahan peraturan itu penting karena menjadi alat kontrol pekerjaan bagi penyidik. Selain itu Nasser juga menilai Buwas berani dalam menangani kasus yang melibatkan orang besar, misalnya bekas Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

Sebelumnya, sejumlah pegiat antikorupsi meluncurkan sejumlah petisi agar Kapolri Badrodin Haiti maupun Presiden Jokowi segera mencopot Kabareskrim Budi Waseso. Buwas dianggap melemahkan perjuangan antikorupsi dengan menjerat puluhan pegiat antikorupsi dalam berbagai kasus pidana sepele. Empat diantaranya adalah pejabat KPK dan Komisi Yudisial.


Editor: Rony Sitanggang

  • Komisioner Kompolnas M Nasser
  • Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Mabes Polri Budi Waseso
  • kpk
  • Komisi Yudisial

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!