HEADLINE

Jokowi Tak Ingin Ada Politik Dinasti

"Joko Widodo menegaskan tak ingin ada politik dinasti dalam pilkada serentak 2015."

Aisyah Khairunnisa

Presiden RI. Joko Widodo. Foto: Antara
Presiden RI. Joko Widodo. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Pihak Istana menyatakan Presiden Joko Widodo tidak ingin ada politik dinasti dalam pilkada serentak 2015. Meski begitu Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, Jokowi belum memberikan instruksi apapun untuk membatasi hal itu. 

"Secara konstitusi harus kami laksanakan. Tentunya (presiden) tidak ingin (ada politik dinasti). Tapi keputusan MK mengutamakan hak yang sama untuk semua warga negara. Secara konstitusi kalau MK sudah memutuskan, harus dilaksanakan," kata Andi saat diwawancara KBR, Kamis (9/7/2015).

Kemarin MK membatalkan pasal pembatasan larangan politik dinasti dalam UU Pilkada tahun 2015. Hakim Ketua MK Arief Hidayat menilai pasal tersebut bertentangan dengan UUD 1945 mengenai hak untuk dipilih. Dalam pasal itu seseorang yang mempunyai hubungan darah atau konflik kepentingan dengan kepala daerah yang sedang menjabat tidak diperbolehkan maju dalam pilkada.  

Editor: Malika

  • pilkada serentak
  • politik dinasti
  • pembatasan politik dinasti
  • jokowi tak setuju politik dinasti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!