HEADLINE

Datangi Jokowi, Freeport Siap Investasi Tambang Bawah Tanah Terbesar di Dunia

Datangi Jokowi, Freeport Siap Investasi  Tambang Bawah Tanah Terbesar di Dunia

KBR, Jakarta – PT Freeport Indonesia hari ini menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. Chief Executive Officer (CEO) dari Freport McMoran Jim Bob Moffet datang bersama Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin. Chief Executive Officer (CEO) Freport McMoran Jim Bob Moffet bersama Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Pertemuan yang tidak dipublikasikan dalam agenda ini membahas komitmen investasi Freeport di Indonesia. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan kedatangan Freeport ingin memastikan kepastian izin usahanya di Indonesia. Ini lantaran dalam waktu dekat Freeport Indonesia akan membangun tambang bawah tanah di Papua terbesar di dunia. Dengan nilai investasi mencapai US$ 15,5 miliar atau setara lebih Rp.  206 triliun.


“Kalau segalanya lancar, maka pada September ini akan di-launching. Dan pertambangan bawah tanah di Papua akan menjadi tambang bawah tanah terbesar di dunia. Sesuatu yang merupakan pencapaian bersejarah, karena lebih dari 95% pekerja di Papua itu adalah pekerja Indonesia,” kata Sudirman di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (2/7/2015).


Sudirman menambahkan, total investasi yang akan diberikan Freeport Indonesia mencapai US$ 18 miliar  atau setara lebih Rp. 246 triliun. Sebanyak US$ 2,4 miliar atau setara Lebih 31 trilun digunakan untuk membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.  Kata Sudirman, Jokowi memberikan beberapa permintaan kepada Freeport. Di antaranya meminta Freeport untuk mempercepat proses pembangunan ekonomi di Papua dan Indonesia.  



Editor: Rony Sitanggang

 

  • freeport
  • presiden jokowi
  • Chief Executive Officer (CEO) Freport McMoran Jim Bob Moffet
  • Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said
  • investasi

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • haruna8 years ago

    PT. Freeport Indonesia dan Koes Plus dalam lagu KOLAM SUSU akur banget. Makmur belum sih...?

  • haruna8 years ago

    PT. Freeport Indonesia dan Koes Plus dalam lagu KOLAM SUSU akur banget. Makmur gak sih...?