BERITA

Puluhan Ribu Pemudik Tinggalkan Jakarta Setelah Lebaran

Puluhan Ribu Pemudik Tinggalkan Jakarta Setelah Lebaran

KBR, Jakarta - Puluhan ribu pemudik pulang ke kampung halamannya setelah lebaran usai. Hal ini terlihat dari kondisi terminal dan sejumlah stasiun di Jakarta, yang masih dipadati penumpang hingga H+2 lebaran.

Di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, misalnya. Dari Jumat dini hari sampai siang (7/9/2019) terminal ini sudah memberangkatkan sekitar 3.600 penumpang.

Kepala terminal Thofik Winanto, mengatakan, belum ada arus balik yang signifikan di Terminal Kampung Rambutan.

“Diprediksikan lonjakan arus balik baru terjadi tanggal 8 dan 9 Juni, dikarenakan rata-rata mereka masuk kerja tanggal 10 Juni,” kata Thofik seperti dikutip ANTARA, Jumat (7/6/2019).

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang saat arus balik, pihak terminal sudah menyiapkan penambahan kendaraan angkutan dalam kota, dari 5 unit menjadi 10 unit. Kendaraan tersebut akan beroperasi mulai pukul 00.00 WIB.


H+2 Lebaran, Stasiun Juga Masih Ramai

Tak hanya terminal bus, kepadatan penumpang juga masih terjadi di sejumlah stasiun kereta besar di Jakarta, seperti Stasiun Pasar Senen.

“Untuk Stasiun Pasar Senen, kalau kita bicara arus mudik itu sebenarnya masih padat. Karena hari ini ada sekitar 25.000 sampai dengan 26.000 pengguna yang berangkat dari Pasar Senen," ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (7/6/2019).

Kepadatan juga terjadi di Stasiun Gambir. Menurut pantauan kantor berita Antara, di H+2 lebaran ini gerbang keberangkatan Stasiun Gambir masih ramai penumpang.

Saking ramainya, ada juga yang duduk di lantai stasiun karena tidak kebagian kursi tunggu.

"Saya mau kembali ke rumah. Saya asli Surabaya, jadi kemarin lebaran di Jakarta bersama keluarga besar, karena orang tua saya tinggal di sini," kata salah satu penumpang di Stasiun Gambir kepada Antara (7/6/2019).

Selain pemudik, stasiun juga diramaikan oleh warga yang hendak berwisata ke luar Jakarta.

"Saya pergi ramai-ramai dengan keluarga, sudah rencana lama memang mau berlibur ke Cirebon. Kebetulan libur panjang karena lebaran jadi kami semua bisa pergi. Tiket sendiri sudah kami beli dari lama," kata salah satu penumpang yang sedang mengantri di Stasiun Gambir.

(Sumber: ANTARA)

Editor: Agus Luqman

  • mudik 2019
  • lebaran 2019
  • Terminal Kampung Rambutan
  • Stasiun Pasar Senen
  • Stasiun Gambir
  • Jakarta
  • Ibu Kota

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!