HEADLINE

Perpanjangan Runway Terminal 3 Soetta Kelar, Pergerakan Pesawat per Jam Naik 50 Persen

Perpanjangan Runway Terminal 3 Soetta Kelar, Pergerakan Pesawat per Jam Naik 50 Persen

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menjanjikan landasan pacu atau runway di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan rampung pada akhir bulan ini. Dengan perpanjangan runway tersebut, kata Jokowi, kapasitas bandara juga akan bertambah.

Ia pun berencana mengabulkan permintaan tambahan slot penerbangan untuk pesawat Qatar, Jepang, hingga China. 

"Kita harapkan, akhir bulan ini sudah 100 persen, dan langsung akan langsung dioperasionalkan, secepat-cepatnya, mungkin Juli lah. Dan kita harapkan juga, tidak seperti yang kemarin-kemarin, mau turun muter-muter dulu setengah jam. Setelah ini tidak ada. Insyaallah tidak ada. Artinya dengan tambahan kapasitas yang besar ini, ya langsung ketutup," kata Jokowi di kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/06/2019). 

Jokowi mengatakan, saat ini progres pengerjaan runway ketiga bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 86 persen, dan akan rampung akhir bulan ini. Kata dia, kapasitas runway bandara saat ini hanya 81 pergerakan pesawat setiap jam. Dengan tambahan runway ini, kapasitas penerbangan akan menjadi 120 pergerakan per jam. 

Dengan tambahan 40 pergerakan pesawat per jam tersebut, kata Jokowi, Bandara Soekarno-Hatta akan sanggup memberi tambahan slot penerbangan untuk pesawat-pesawat dari maskapai asing. Jokowi berkata, ia sudah banyak menerima permintaan tambahan slot penerbangan dari banyak kepala negara, seperti Malaysia, Singapura, Qatar, Jepang, Arab Saudi, India, hingga China. 

Hari ini, Jokowi meninjau proyek runway Bandara Soekarno-Hatta. Ia didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Presiden juga sempat menerima ucapan selamat ulang tahun ke-58 dari sejumlah pekerja dan masyarakat di Bandara Soekarno-Hatta. 

Editor: Fadli Gaper

  • runway terminal 3
  • jokowi ulang tahun
  • bandara soetta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!