Share This

Kecelakaan Mudik

Data yang tercatat hingga kemarin jumlah kecelakaan yang terjadi turun sekitar 14 persen. Tapi angka korban yang meninggal hingga kemarin, malah naik dengan jumlah 40 jiwa.

OPINI , EDITORIAL

Selasa, 12 Jun 2018 05:03 WIB

Program angkut motor pemudik gratis

Mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis sebagai salah satu upaya mengurangi angka kecelakaan pemudik. (Antara/Fikri Yusuf)

Musim mudik Lebaran tahun ini pemerintah punya target menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Tagetnya tak muluk, hanya 5 persen. Data yang tercatat hingga kemarin jumlah kecelakaan yang terjadi turun  sekitar 14 persen. Tapi angka korban yang meninggal hingga kemarin, malah naik dengan jumlah 40 jiwa.

Tahun lalu mayoritas kecelakaan sebanyak 70 persen  disumbang oleh pemudik bermotor. Selain imbauan agar tak pakai motor,  pemerintah menambah jumlah kuota bagi pemudik untuk bisa gratis menggunakan kapal untuk kembali ke kampung halaman. Tapi, meski gratis dan diiming-imingi hadiah undian sepeda motor, toh jatah mudik gratis bagi pemotor itu belum terpenuhi.

Catatan Kementerian Perhubungan, pemudik yang menggunakan motor tahun ini turun  hingga belasan persen. Kenaikan besar terjadi pada pemudik yang menggunakan  mobil yang meningkat hingga 40 persen. Angka itu ditengarai pertanda bagus untuk target turunnya kecelakaan saat mudik. Pasalnya, motor memang tidak dirancang untuk perjalanan jauh hingga berjam-jam. Risikonya bisa tak sampai ke kampung halaman lantaran nyawa melayang.

Mumpung arus mudik masih berlangsung  para pengendara mobil atau motor sepatutnya memperhatikan betul panduan keamanan berkendara. Di antaranya memastikan kendaraan juga pengendara siap untuk menempuh perjalanan jauh hingga ratusan kilometer. Selain itu mematuhi aturan, marka, rambu, dan arahan petugas. Agar selamat sampai tujuan di kampung halaman juga  saat arus balik tiba.

 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.