HEADLINE

Tito Calon Kapolri, DPR: Resistensi dari Dalam

""Pimpinan akan mengadakan rapat bamus untuk membicarakan kapan surat presiden itu dibacakan dalam rapat paripurna dewan. ""

Tito Calon Kapolri, DPR: Resistensi dari Dalam
Calon Kapolri Tito Karnavian. (Foto: Mabes Polri)

KBR, Jakarta- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bagi calon tunggal Kapolri Tito Karnavian. Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman mengatakan para pemimpin DPR akan mengadakan rapat Badan Musyarawarah (Bamus) terlebih dahulu.

"Sesuai dengan tata peraturan perundang-undangan di dewan. Pimpinan akan mengadakan rapat bamus untuk membicarakan kapan surat presiden itu dibacakan dalam rapat paripurna dewan. Selanjutnya rapat paripurna menugaskan komisi terkait untuk melakukan fit and propertest. Karena ini menyangkut kepolisian maka diduga kuat Komisi III yang akan ditugaskan melakukan fit and proper test nanti," kata Benny Kabur Harman di Gedung DPR, Rabu (15/06/2016).


Setelah uji kelayakan, kata dia, Komisi III akan memutukan apakah Tito layak menjadi Kapolri atau tidak. Keputusan tersebut akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR.


Tito baru saja naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal setelah diangkat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BPNT) pada 16 Maret 2016. Alumni Akademi Kepolisian angkatan 1987 itu tergolong sebagai jenderal berusia muda, pada Oktober mendatang dia baru berusia 52 tahun. Benny mengkhawatirkan timbulnya resistensi di tubuh Polri lantaran masih banyaknya jenderal yang lebih senior daripada Tito.


"Itu tadi yang saya takutkan, karena dia masih muda maka berpotensi mendapatkan resistensi dari dalam. Kami yakin Bapak Presiden sudah mempertimbangkan sungguh-sungguh," imbuhnya


Meski begitu, Politisi Partai Demokrat itu mengakui rekam jejak Tito Karnavian di kancah internasional maupun nasional. "Saya rasa tidak ada yang meragukan kemampuan beliau," ujarnya.


Benny memastikan Kapolri baru bisa saja terpilih sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Apabila Bamus segera menugaskan Komisi III untuk melakukan uji kelayakan calon Kapolri.


Editor: Rony Sitanggang

  • calon kapolri
  • Kepala BNPT Tito Karnavian
  • Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!