HEADLINE

SPBU Curang, Pertamina: Konsumen Bisa Minta Tera

"“Semua SPBU memiliki alat bejana tera. Bisa langsung minta cek tera on the spot. ""

Billy Fadhila

SPBU Curang, Pertamina: Konsumen Bisa Minta Tera
Petugas Kepolisian Subdit III Sumdaling Polda Metro Jaya memperlihatkan lima orang pelaku kejahatan pengurangan takaran volume pengisian bahan bakar minyak (BBM) kepada media di SPBU 34-12305, Rempoa,

KBR, Jakarta-  Pertamina menegaskan konsumen dapat meminta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)  untuk melakukan peneraan. Kata Senior Sales Executive Retail Jakarta Timur dan Selatan Pertamina, Awam Raharjo, permintaan bisa dilakukan  jika konsumen tidak yakin dengan takaran SPBU. 

“Semua SPBU memiliki alat bejana tera. Bisa langsung minta cek tera on the spot. Petugas SPBU saya pastikan bisa melakukan cek tera. Konsumen jadi bisa yakin apakah ukurannya pas atau tidak,” kata Awan.

Sebelumnya  SPBU di daerah Rempoa, Tangerang Selatan, Banten  yang ketahuan melakukan kecurangan. Pertamina  sudah menyegel SPBU tersebut.

“Kita masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian, yang jelas sanksi yang paling berat adalah pemutusan hubungan usaha. Kami masih menunggu keputusan tim manajemen dan kepolisian,” kata Area Manager Communication and Relation Jawa Bagian Barat Pertamina, Yudy Nugraha.

Kecurangan yang terjadi pada SPBU Pertamina 34-12305 Rempoa, menggunakan metode yang dianggap baru oleh Dinas Metrologi Jakarta, dan juga Pertamina. SPBU tersebut menggunakan semacam alat yang bisa diaktifkan dan di non-aktifkan dari jarak jauh untuk memanipulasi pulsa yang ada di alat pompa.

Sulitnya mengetahui apakah alat pompa SPBU tersebut dimanipulasi, bisa menjadi salah satu faktor yang sangat merugikan konsumen. Menurut Kepala Unit Pengelola Metrologi, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Jakarta, Johan Taruma Jaya hal ini memang sangat sulit untuk dideteksi.

“Manipulasi ini memang kasat mata, dan tidak bisa diketahui secara langsung,” Kata dia.

Johan  menambahkan cara SPBU tersebut bisa diketahui kecurangannya setelah penyelidikan polisi selama 1 bulan.

“Akhirnya diajukan lah permohonan pengecekan oleh personil kami.”


Editor: Rony Sitanggang

  • spbu curang
  • Senior Sales Executive Retail Jakarta Timur dan Selatan Pertamina
  • Awam Raharjo
  • Area Manager Communication and Relation Jawa Bagian Barat Pertamina
  • Yudy Nugraha
  • Kepala Unit Pengelola Metrologi
  • Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Jakarta
  • Johan Taruma Jaya
  • tera ulang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!