HEADLINE

Simposium Anti-PKI, AJI Kecam Pengusiran Jurnalis

""Ini bentuk pelanggaran UU Pers karena kita lihat Febriana ketika itu masih dalam rangka melaksanakan tugas jurnalistiknya""

Simposium Anti-PKI,  AJI Kecam Pengusiran Jurnalis
Ilustrasi: Simposium anti-PKI. (foto: KBR/Quinawati P.)

KBR, Jakarta- Pengusiran seorang jurnalis perempuan oleh kelompok intoleran dalam acara Simposium Nasional merupakan bentuk pelanggaran UU Pers. Menurut Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia Iman D. Nugroho, pengusiran dan intimidasi  menakut-nakuti jurnalis merupakan bentuk pelanggaran UU Pers.

AJI juga mendorong agar perusahaan media massa  tempat korban bekerja aktif memprotes dan menuntut   kelompok yang melakukan intimidasi.

"Ini bentuk pelanggaran UU Pers karena kita lihat Febriana ketika itu masih dalam rangka melaksanakan tugas jurnalistiknya kemudian diintimidasi dan didatangi orang yang merupakan bagian dari simposium itu. Dan kemudian melakukan protes dan intimidasi dengan kata-kata yang sifatnya menakut-nakuti Febriana. Kita menuntut polisi menindaklanjuti karena semua fakta dan keterangan serta kronologis sudah tersebar luas di media massa," jelas  Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia Iman D. Nugroho kepada KBR, Kamis (2/6).

Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia Iman D. Nugroho  menambahkan, AJI Indonesia  masih membahas langkah-langkah yang akan ditempuh terkait intimidasi dan pengusiran jurnalis tersebut. Karena intimidasi itu menyangkut kelompok yang selama ini sudah sering melakukan intimidasi dan kekerasan yang bisa berbuntut panjang bagi keselamatan jurnalis tersebut.

"Terkait dengan keselamatan korban, nasib dia ke depan dan segala macam. Proses itu perlu kita lakukan mengingat kelompok yang melakukan intimidasi dan pengancaman  terhadap Febriana sudah berkali-kali dan kita sinyalir bisa berbuntut panjang kalau hal itu tidak ditakar oleh AJI," ungkapnya.

Sebelumnya jurnalis Rappler.com diusir dan diintimidasi saat tengah meliput simposium anti-PKI. Pengusir dan pengintimidasi menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI). Mereka memprotes berita yang dibuat Febriana Firdaus pada simposium hari pertama kemarin.

Editor: Rony Sitanggang

  • tragedi65
  • Febriana Firdaus jurnalis rappler
  • front pembela islam fpi
  • Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia Iman D. Nugroho

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!