HEADLINE

Persiapan Mudik, Organda: Seluruh Kendaraan Sudah Dicek

""Kami akan menjunjung tinggi faktor keselamatan,”"

Rio Tuasikal

Persiapan Mudik, Organda: Seluruh Kendaraan Sudah Dicek
Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta– Organisasi Angkutan Darat (Organda) menyatakan seluruh armadanya telah dicek ulang untuk digunakan Lebaran ini. Hal ini menyusul pemeriksaan angkutan Lebaran secara menyeluruh oleh Kementerian Perhubungan yang dimulai pekan lalu.

Ketua Organda, Adrianto Djokosoetono, mengatakan  sudah berkoordinasi dengan Organda daerah untuk membantu pemeriksaan yang disebut ramp check itu.

“Intinya kami akan menjunjung tinggi faktor keselamatan,” ujarnya kepada KBR, Kamis (9/6/2016) malam.

“Di samping faktor keselamatan yang wajib itu, kami akan berusaha agar ada peningkatan pelayanan. Baik dari sisi kenyamanan maupun kemudahan,” jelasnya.

Adrianto mengatakan saat ini pihaknya sedang memersiapkan spare parts. Para operator kendaraan umum saat ini telah menghitung ulang kebutuhan suku cadang dan mulai menghubungi dealer untuk suplai.

“Sudah harus berjalan dari jauh-jauh sebelumnya,” tambahnya.

Kementerian Perhubungan akan menggelar pemeriksaan (ramp check)  di seluruh moda transportasi umum. Langkah ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan sampling. Kemenhub akan memeriksa 1.400 bus AKAP, 1.100 kapal penyeberangan, 500-an pesawat, juga 300 lokomotif dan 1000 kereta.

Editor: Rony Sitanggang

 

  • mudik 2016
  • angkutan umum
  • Ketua Organda
  • Adrianto Djokosoetono
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
  • ramp check

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!