Komnas HAM: Beberapa Gereja di Jawa Barat Diperas Puluhan Hingga Ratusan Juta

Pemerasan tersebut sulit dibuktikan, sehingga membuat pihak gereja tak melapor ke polisi.

, BERITA , NUSANTARA

Minggu, 05 Jun 2016 17:04 WIB

Author

Wydia Angga

Komnas HAM: Beberapa Gereja di Jawa Barat Diperas Puluhan Hingga Ratusan Juta

Ilustrasi gereja. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut ada pemerasan terhadap gereja-gereja di Jawa Barat yang dilakukan organisasi masyarakat keagamaan. Ketua Komnas HAM, Imdadun Rahmat mengatakan, Pemerasan berkisar antara tujuh puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Meski demikian, kata dia, pemerasan tersebut sulit dibuktikan, sehingga membuat pihak gereja tak melapor ke polisi. 

Karena itu, kata dia, pihaknya meminta polisi aktif menyelidiki pemerasan tersebut dan menindak pelakunya. 

"Ada gereja-gereja ini kan tidak bisa melakukan aktivitas secara leluasa karena mereka belum memenuhi persyaratan untuk mendapatkan IMB, nah itu dijadikan kesempatan kelompok intoleran untuk mendemo meminta gereja disegel, aktivitas keagamaannya dihentikan. Nah kemudian kelompok ini tawar menawar kalau mau aman ya bayar uang," ujar Imdadun kepada KBR (5/6/2016).

Imdadun menyebut setidaknya ada 4 gereja di daerah Bandung yang mengalami kasus pemerasan serupa meski ia tak menyebut nama gereja serta kelompok keagamaan yang dimaksud demi alasan keamanan.

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 8

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19