HEADLINE

Jelang Lebaran, Pertamina Konsentrasikan Pengamanan BBM di 10 Wilayah

Jelang Lebaran, Pertamina Konsentrasikan Pengamanan BBM di 10 Wilayah

KBR, Jakarta - Pertamina menjamin kecukupan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas elpiji menjelang Lebaran.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan Pertamina sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif. Diantaranya menambah pasokan, menyiapkan mobil-mobil tangki di sekitar kawasan SPBU dan lain-lain.


"Kita siapkan 15 persen dari DOT (daily off take/konsumsi harian) rata-rata. Kalau untuk angka kesiapan solar, Pertamax, maupun Pertalite lebih tinggi lagi, di atas 23 hari. Jadi sebenarnya dari beberapa hal strategis yang kami siapkan, supply-nya terutama ya sudah kita siapkan. Kami juga sudah estimasi," kata Wianda, Jumat (3/6/2016).


Pertamina akan menyiapkan mobil-mobil tangki di sekitar kawasan SPBU. Diharapkan dengan langkah ini, pemenuhan pasokan akan cepat. Selain itu, Pertamina akan bekerjasama dengan Polri untuk mengawal mobil tangki.


Wianda mengatakan diperkirakan permintaan Premium pada H-4 hingga H+3 Lebaran mencapai 150 persen dari permintaan harian. Sedangkan konsumsi BBM pada rentang waktu tujuh hari itu (H-4 hingga H+3) diperkirakan mencapai 108 kiloliter.


Perkiraan permintaan BBM meningkat tidak berlaku bagi solar yang justru menurun. Sebab, pada rentang waktu itu, mobil-mobil besar pengangkut barang tidak diperkenankan beroperasi sementara.


Pertamina juga menentukan 10 wilayah akan menjadi konsentrasi pasokan BBM. Di 10 daerah itu diperkirakan akan menerima pemudik dalam jumlah banyak.


Di tempat pertama adalah Jawa Tengah. Wianda mengatakan, Jawa Tengah menjadi daerah perlintasan para pemudik. Selanjutnya diikuti oleh Sumatera Barat, Lampung, Nangroe Aceh Darussalam, Bengkulu, Jawa Timur, Sumatera Utara, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, serta Jawa Barat.


Untuk pasokan gas elpiji, Pertamina memprediksi puncak konsumsi terjadi lebih awal yaitu dari H-9 hingga H-2 Lebaran. Untuk itu Pertamina menyiapkan 22 ribu metrik ton persediaan elpiji perhari. Mereka memperkirakan total penjualan elpiji akan meningkat di bulan ini.


Editor: Agus Luqman 

  • Pertamina
  • BBM
  • Lebaran 2016
  • Ramadan 2016
  • mudik lebaran
  • elpiji

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!