Bagikan:

IDI Tolak Kebiri, Kemenkes: No Comment

“Tanya IDI saja, kenapa harus tanya ke Kemenkes? Kemenkes tidak ada hubungan sama IDI. Saya no comment lah,”

BERITA | NASIONAL

Kamis, 09 Jun 2016 22:01 WIB

Author

Rio Tuasikal

IDI Tolak Kebiri, Kemenkes: No Comment

Ilustrasi (sumber: Antara)

KBR, Jakarta- Kementerian Kesehatan menolak mengomentari sikap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang tidak mau dokter jadi pelaksana kebiri. Sekretaris Jenderal Kemenkes, Untung Suseno, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi tersebut.

Namun ketika ditanya lebih lanjut, Untung hanya berkomentar sedikit dan menutup telepon.

“Tanya IDI saja, kenapa harus tanya ke Kemenkes? Kemenkes tidak ada hubungan sama IDI. Saya no comment lah,” katanya singkat.

Menteri Kesehatan Nilla Moeloek sempat menolak hukuman kebiri dan menyatakan itu bertentangan dengan etika dokter. Namun, ketika Perppu Kebiri telah disahkan, Nilla mengatakan dokter bisa melakukannya karena itu perintah undang-undang.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak jadi pelaksana hukuman kebiri kimia yang diatur dalam Perppu Kebiri. IDI menyatakan kebiri bertentangan dengan etika kedokteran. Sebab, dokter telah bersumpah tidak menggunakan ilmu pengetahuannya untuk praktik yang melawan kemanusiaan. IDI menyatakan dokter yang kedapatan jadi pelaksana kebiri bisa dikeluarkan dari keanggotaan lewat mekanisme sidang etik.

Editor: Rony Sitanggang 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mengkritik Klaim Pemberantasan Korupsi di Era Jokowi

Most Popular / Trending