Gus Dur Pahlawan Nasional? Luhut: Semoga Bisa Tahun Ini

Persyaratan sudah beres. Bersama Gus Dur, Soeharto juga diajukan menjadi pahlawan nasional

BERITA | NASIONAL

Rabu, 22 Jun 2016 20:44 WIB

Author

Ninik Yuniati

Gus Dur Pahlawan Nasional? Luhut: Semoga Bisa Tahun Ini

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut B. Panjaitan

KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan mendukung penganugerahan gelar bagi Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Luhut berjanji bakal mengkomunikasikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Ia menargetkan, penganugerahan gelar untuk Gus Dur dilakukan pada 10 November tahun ini.

"Memang dari mulai dari jamannya pemerintahan SBY, sudah ada proses pengajuan pahlawan nasional, penganugerahan gelar pahlawan nasional pada presiden keempat kita (Gus Dur-red). Kita nanti akan coba mengkomunikasikan ini dengan presiden untuk dipertimbangkan, karena ini sebenarnya hanya masalah waktu saja. Kita berharap pada penganugerahan pahlawan nasional dalam tahun ini, 10 November 2016," kata Luhut di MMD Initiative, Matraman, Rabu (22/6/2016).

Luhut menyebut Gus Dur sebagai sosok presiden yang teguh pendiriannya. Kata dia, Gus Dur juga bersih dari korupsi dan pelanggaran konstitusi.

"Masalah pelanggaran konstitusi beliau tidak ada melakukan sama sekali, begitu juga dengan pelanggaran korupsi itu juga tidak ada, karena pengadilan telah membuktikan waktu itu," ujar dia.

Luhut menambahkan, sumbangan Gus Dur yang sangat penting adalah berkaitan dengan pluralisme dan juga keberpihakan kepada rakyat kecil.

"Sekarang ini banyak sekali apa-apa yang dibuat oleh beliau apalagi dalam konteks pluralisme itu yang membawa persatuan kesatuan bangsa kita lebih baik ini. Juga keberpihakannya kepada rakyat kecil dan merakyat itu menurut saya menjadi satu tauladan buat generasi," kata dia.

Mensos: Syarat Sudah Komplit
Sementara, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, proses teknis administrasi Gus Dur telah memenuhi syarat mendapat anugerah pahlawan nasional. Selain, Gus Dur, terdapat juga nama Soeharto dan Abdurrahman Baswedan yang telah selesai dibahas di Dewan Gelar dan siap diajukan ke Presiden Joko Widodo. Namun, kata dia, keputusan tentang jumlah dan siapa yang bakal mendapat anugerah tersebut, berada di tangan presiden.

"Di dewan Gelar pun sudah selesai, cuma masih diendapkan menunggu waktu yang akan ditentukan kemudian. Tergantung pada presiden nanti penganugerahannya akan jatuh kepada berapa orang," ujar dia.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18