Sidang Isbat Dimulai dengan Pemaparan Pakar Astronomi

, BERITA , NASIONAL

Selasa, 16 Jun 2015 17:22 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Sidang Isbat Dimulai dengan Pemaparan Pakar Astronomi

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadhan akan dimulai dengan pemaparan seorang pakar astronomi yang juga anggota tim hisab dan rukyah Kementerian Agama, Muchtar Ali. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan pakar bakal memaparkan posisi hilal atau bulan saat ini yang tak hanya di wilayah Indonesia namun juga beberapa negara lain yang berdekatan dengan Indonesia. Sidang Isbat sendiri digelar setelah Sholat Maghrib.

“Nanti Dr. Muchtar Ali, Direktur Quraisy kita akan menyampaikan laporan dari sejumlah petugas para pelaku rukyah yang ditugasi oleh Kementerian Agama di lebih dari 33 titik di seluruh wilayah tanah air untuk menyaksikan apakah Hilal sudah bisa dilihat," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin di kantornya, Selasa (16/6).

Sidang Isbat yang dihadiri oleh puluhan perwakilan organisasi masyarakat ini dilakukan secara tertutup. Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan metode Hisab (Perhitungan) telah menetapkan awal Ramadhan pada Kamis 18 Juni 2015 dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah pada Jumat 17 Juli 2015.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Make Sex Healthy Again

News Beat

Kabar Baru Jam 7