PMI Pati Buka Donor Darah 24 Jam

Antisipasi kekurangan persediaan darah.

, BERITA , NUSANTARA

Jumat, 19 Jun 2015 12:16 WIB

Author

Agus Pambudi

Donor darah di Pati kini bisa 24 jam (Foto: Agus Pambudi)

Sejumlah SMK Pelayaran Pati saat donor darah di PMI Kabupaten Pati. (Foto: Agus Pambudi)

KBR, Pati - Selama bulan Ramadhan ini, PMI Kabupaten Pati akan melayani donor darah selama 24 jam. Ini dilakukan untuk mengantisipasi stok yang kurang selama bulan puasa.

Juru bicara Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pati, Safaati saat diwawancara radio PAS Pati mengatakan, setiap bulan Ramadhan stok atau persediaan darah di PMI selalu mengalami kekurangan. Penyebabnya adalah karena jumlah masyarakat yang mendonorkan darahnya berkurang hingga separuhnya dibandingkan hari-hari biasa. 

“Kita berharap setelah berbuka puasa masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya kita tetap menerima. Biar tidak terjadi kekosongan. Namun saat ini stok darah di PMI Pati masih aman untuk tiga pekan kedepan,” jelasnya.

Saafati juga menghimbau keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk sukarela mendonorkan darahnya. Ini bisa dilakukan lewat PMI ketika persediaan darah mulai kritis dan tidak ada golongan darah yang sesuai dengan pasien.

Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD), sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes-RI) No. 22/S.KP/UKPD.BPPD/VII/2014, senilai Rp.360ribu per kantong. 

“Biaya itu, untuk biaya pemeriksaan laboratorium, membiayai bahan dan alat habis pakai serta untuk jasa (administrasi penyusutan dan pengembangan),” pungkas Humas UDD PMI Pati, Safaati, SH.(Agus Pambudi, Pati, Jawa Tengah)


Editor: Citra Dyah Prastuti  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17