HEADLINE

Pemkab Bondowoso Gagas Pembentukan Widya Wisata Berbasis Pertanian

Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat memanen sendiri tomat di lahan percontohan di Desa Besuk, Keca
Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat memanen sendiri tomat di lahan percontohan di Desa Besuk, Kecamatan Klabang, Rabu (10/6/2015). Foto KBR: Friska

KBR, Bondowoso – Bondowoso yang kaya akan sumber daya alam dan kondisi geografis yang mendukung membuat pertanian menjadi salah satu sektor unggulan untuk dikembangkan. Ini menginspirasi Bupati Bondowoso Amin Said Husni untuk mengembangkan widya wisata atau wisata pembelajaran berbasis pertanian. 

Menurut Amin, konsep widya wisata ini merupakan tindak lanjut dari dikembangkannya demplot atau lahan percontohan berbagai produk pertanian dengan rekayasa teknologi yang ada di Bondowoso.

“Tempat demplot atau lahan percontohan itu akan kami atur sedemikian rupa menjadi wisata pendidikan. Sehingga mereka yang datang bisa belajar juga bisa rekreasi,” kata Amin Said Husni kepada KBR dalam acara Gelar Teknologi dan Display Varietas Unggulan di Desa Besuk, Kecamatan Klabang, hari ini, Rabu (10/6/2015).  

Untuk itu, Bupati telah menginstruksikan Dinas Pertanian untuk mempersiapkan berbagai lahan percontohan yang bisa dikelola menjadi lokasi widya wisata.

Kepala Dinas Pertanian Hindarto mengaku siap merealisasikan gagasan tersebut. Keunggulan yang akan ditonjolkan oleh Dinas Pertanian Bondowoso adalah potensi pertanian organik dan keanekaragaam berbagai komoditi yang ada.

“Kami siap merealisasikan itu karena memang tempat ini menarik. Yang akan kami tonjolkan keanekaragaman komoditinya. Misalnya ada labu yang mungkin selama ini masyarakat hanya tahu ada banyak jenis labu,” papar Hindarto.

Sebenarnya, ujar Hindarto, selama ini pihaknya melihat ada banyak potensi wisata yang bisa digarap, namun tidak menjadi perhatian oleh Dinas Pariwisata. Dengan adanya gagasan langsung dari Bupati ini, Dinas Pariwisata bisa lebih peka melihat potensi yang ada untuk digarap bersama.  


Editor: Citra Dyah Prastuti 
  • pertanian bondowoso
  • widya wisata
  • wisata pembelajaran berbasis pertanian bondowoso
  • lahan percontohan produk rekayasa teknologi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!