HEADLINE

Jokowi: Utamakan Evakuasi Korban Pesawat Hercules

Presiden Joko Widodo. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah bakal mengutamakan evakuasi korban akibat jatuhnya Pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara. Selanjutnya, pemerintah bakal mengevaluasi usia pesawat dan kualitas Alat Utama Sistema Senjata (Alutsista). Pernyataan itu disampaikan Jokowi melalui akun twitternya. Presiden juga mengungkapkan belasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat yang mengangkut lebih dari 100 orang itu.

Sementara itu, menurut juru bicara TNI AU Dwi Badarmanto, 30 jenazah di antaranya telah teridentifikasi. Berdasarkan manifest, penumpang pesawat buatan Amerika itu berjumlah 113 orang. Namun TNI AU membantah jika pesawat itu membawa penumpang sipil. Kata dia, penumpang di pesawat Hercules C130 itu merupakan anggota TNI dan keluarganya yang akan berdinas di daerah.

"Manifest 101 krunya 12. 101 itu TNI bersama keluarganya. Sudah teridentifikasi berapa orang? Sudah kita temukan jenazah 67-an, sudah berkembang menjadi 70-an. Sudah teridentifikasi? Ya sudah di atas 30-an jenazah," jelas Juru bicara TNI Dwi Badarmanto kepada KBR, Selasa (30/6)


Juru bicara TNI AU Dwi Badarmanto menambahkan, TNI AU sudah melakukan sterilisasi lokasi kejadian untuk memudahkan proses investigasi.

Sebelumnya, pesawat Hercules C130 jatuh di kota Medan, Sumatera Utara. Pesawat itu jatuh dengan posisi terbalik menghantam pemukiman yang ada di bawahnya. Pesawat itu sendiri baru lepas landas sekitar 2 menit dari Pangkalan Udara Soewondo.

Editor: Dimas Rizky

  • Pesawat Hercules C-130
  • evakuasi korban
  • kecelakan pesawat hercules
  • korban pesawat hercules

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!