HEADLINE

Aktivitas Sinabung Meningkat, Warga Dicegah Kembali ke Rumah

Ilustrasi Gunung Sinabung. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Tim Tanggap Darurat Erupsi Sinabung terus menyiagakan petugas untuk mencegah adanya warga yang hendak kembali ke desanya. 

Warga empat desa yang berada di sisi selatan dan tenggara dari kawah Gunung Sinabung direkomendasikan agar mengungsi karena aktivitas gunung meningkat. 

Kepala Tim Tanggap Darurat Erupsi Sinabung Asep Sukarna mengatakan pada Sabtu pagi terjadi guguran sebanyak 48 kali, sementara tremor juga terus menerus. Sampai saat ini Gunung Sinabung masih berstatus Awas.

“Dan kalau kemarin saat patroli, semuanya sudah kosong. Mudah-mudahan tidak ada yang coba-coba untuk masuk ke dalam. Tiap hari sekarang melakukan siaga. Di hari libur pun tetap kita siaga, “kata Kepala Tim Tanggap Darurat Erupsi Sinabung Asep Sukarna kepada KBR.

Sementara itu cuaca di kawasan Gunung Sinabung hari ini cerah berawan. Angin mengarah ke barat daya. 

Peningkatan status Awas Gunung Sinabung sejak Selasa lalu mengharuskan sebanyak 2.727 warga mengungsi. BPBD Kabupaten Karo mendirikan posko pengungsi di empat titik dan 13 tenda pengungsi. 

Editor: Agus Luqman 

  • desa seputar sinabung
  • gunung sinabung
  • pengungsian warga sekitar sinabung
  • status awas gunung sinabung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!