HEADLINE

Ratusan Napi Kabur, Menteri Yasonna Copot dan Pecat Pejabatnya

""Biasanya kita hanya berhentikan atau turunkan pangkat, tapi karena ini sangat berat, kita lakukan pemecatan.""

Ratusan Napi Kabur, Menteri Yasonna Copot dan Pecat Pejabatnya
Petugas Brimob Polda Riau bersenjata lengkap dibantu warga berjaga di Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas IIB, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5). (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasona Laoly mencopot Ferdinan Siagian sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM (Kumham) Riau. Pencopotan ini buntut dari kaburnya ratusan tahanan di Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Jumat pekan lalu. Sebagai gantinya, bekas Kakanwil Kumham Bengkulu, I Dewa Putu Gede dipindahkan ke Riau.

Yasona menjelaskan, selain pencopotan kepala wilayah, Kemenkum HAM juga memberhentikan status PNS Kepala Rutan dan Kepala Keamanan Rutan Sialang Bungkuk secara tidak hormat. 

"Kita mau kasih pesan ke semuanya bahwa kita serius. Biasanya kita hanya berhentikan atau turunkan pangkat, tapi karena ini sangat berat, kita lakukan pemecatan," katanya saat memberikan keterangan pers di kantornya, Senin (17/05/08).

Yasona menambahkan, selain  itu juga ada enam orang penjaga rutan yang diturunkan pangkatnya, karena terbukti melakukan tindakan pungli, kekerasan dan pemerasan terhadap warga binaan. Keenam orang itu, kata Yasona, tidak akan diberikan kenaikkan pangkat selama 3 tahun.


"Untuk 6 orang ini terbukti ada pemerasan, pungli dan penganiayaan. Itu berdasarkan hasil aduan langsung penghuni Rutan kepada saya dan juga tim yang telah saya utus sebelum saya datang ke lokasi," jelasnya.


Sebagai antisipasi, lanjut Yasona, pengamanan di lokasi diperketat agar tidak terjadi hal serupa. Dan dari data terakhir, saat ini sudah 297 tahanan yang tertangkap kembali dari 448 yang melarikan diri.


"Itu data per pukul 13.00 wib. Sisanya kita masih lanjutkan pencarian dengan aparat," pungkasnya.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
  • napi kabur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!