HEADLINE

Rakor Kemaritiman, Jokowi Minta Nelayan Tinggalkan Cantrang

Rakor Kemaritiman, Jokowi Minta Nelayan Tinggalkan Cantrang


KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta agar nelayan didorong untuk meninggalkan cantrang. Jokowi mendesak agar bawahannya berani mengarahkan para nelayan tradisional untuk beralih menggunakan teknologi baru yang lebih menguntungkan. Ini dinyatakan Jokowi ketika membuka rapat koordinasi nasional bidang kemaritiman Kamis (4/5/2017) di TMII, Jakarta Timur.

"Nelayan kita jangan terus diajak bekerja dengan pola-pola yang lama. Harus berani kita loncatkan ke dunia yang lain. Sudah beberapa puluh tahun kita urusan cantrang. Setiap tahun urusan cantrang, tidak  habis-habisnya kita ngurusin cantrang, sehingga melupakan strategi besar yang lain yang memiliki nilai tambah yang lebih baik," kata Jokowi di TMII, Kamis (4/5/2017).


Jokowi menambahkan, nelayan juga harus diperkenalkan dengan cara baru menangkap ikan seperti keramba di laut lepas atau offshore aquaculture yang saat ini tengah berkembang. Kata dia, Taiwan dan Norwegia telah sukses mempraktikkannya.


"Ajari nelayan-nelayan kita untuk mengetahui apa, barang apa ini? Nilai tambahnya bisa puluhan kali dari apa yang kita kerjakan saat ini yang sudah berpuluh-puluh tahun tidak pernah kita meloncat, berani melompat," ujar Jokowi.


Menurut Jokowi, teknologi untuk membuat offshore aquaculture tidak mahal, sekitar Rp 47 miliar. Kata dia, apabila belum mampu mengerjakan sendiri, pemerintah bisa bekerja sama dengan negara lain atau swasta yang telah menguasai teknologinya.


"Biar ada transfer pengetahuan, transfer teknologi. Tanpa itu kita tidak pernah meloncat,"


Jokowi menekankan  pentingnya segera mengejar ketertinggalan dalam teknologi kelautan dan perikanan.


"Elon Musk bicara spaceX, Tesla, mobil masa depan, ruang angkasa masa depan, hyperloop, perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain dengan begitu cepatnya. Kita masih urusan cantrang belum selesai. Mau ke mana kita?" Tuturnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • jaring cantrang
  • Elon Musk

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!