Soeharto Jadi Pahlawan Nasional? JK: Tak Mudah

"Pak Harto, Gus Dur memang tidak mudah untuk mendapat penghargaan seperti itu"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 20 Mei 2016 18:23 WIB

Author

Ninik Yuniati

Soeharto Jadi Pahlawan Nasional? JK: Tak Mudah

Ilustrasi: Meme Presiden Soeharto (Sumber: Medsos)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyamakan Soeharto dan Gus Dur terkait wacana pemberian gelar pahlawan nasional. Kata dia, kedua presiden ini sama-sama memiliki masalah ketika turun jabatan.

Karenanya, kata dia, baik Soeharto dan Gus Dur tidak mudah mendapatkan penghargaan tersebut. 

"Ya memang Pak Harto banyak memberikan banyak hal, walaupun dengan tentu waktu turunnya ada sedikit masalah. Sama dengan Gus Dur. Karena itu Pak Harto, Gus Dur memang tidak mudah untuk mendapat penghargaan seperti itu" kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jumat (20/5/2016).

Jusuf Kalla menambahkan, seseorang bisa diangkat menjadi pahlawan nasional apabila menurut panitia dinilai memenuhi kriteria-kriteria tertentu. 

"Jadi yang penting, sesuai kriterianya kita angkat, itu aja. Saya tidak tahu detailnya macam mana, tapi ada kriteria tertentu yang dipegang oleh panitia, tim-nya itu" ujar dia.

Sebelumnya, Partai Golkar mendukung pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto. Sementara, Partai Kebangkitan Bangsa menilai Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga layak dianugerahi gelar serupa. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17