Rekomendasi Simposium Tragedi 65, Korban Tuntut Permintaan Maaf Pemerintah

"Jokowi harus bertanggungjawab sebagai kepala negara dan mewakili negara untuk meminta maaf kepada korban. "

, BERITA , NASIONAL

Rabu, 18 Mei 2016 21:36 WIB

Author

Bambang Hari

Rekomendasi Simposium Tragedi 65, Korban Tuntut Permintaan Maaf Pemerintah

Simposium tragedi 65. (Sumber: Youtube)

KBR, Jakarta - Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965, Bedjo Untung berharap Joko Widodo, mewakili negara dan meminta maaf kepada keluarga korban. Hal ini terkait dengan hasil rekomendasi simposium terkait peristiwa 1965, yang diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan.

Kata Bedjo, ungkapan penyesalan yang dilakukan oleh negara juga harus diikuti dengan merehabilitasi nama orang-orang yang dituding terlibat dengan PKI.

"Jokowi harus bertanggungjawab sebagai kepala negara dan mewakili negara untuk meminta maaf kepada korban. Sehingga pemerintah perlu melakukan rehabilitasi umum. Setiap orang yang dituduh terlibat dengan PKI, dipulihkan namanya." Tegas Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965, Bedjo Untung kepada KBR, Rabu (18/05).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan menyatakan telah menerima rekomendasi penyelesaian tragedi 65 yang disusun Tim Perumus Simposium 65.

Luhut mengatakan, materi rekomendasi itu tentang permintaan agar pemerintah menyatakan penyesalan soal tragedi 65. Luhut berujar, dia memerlukan waktu hingga Jumat untuk memberikan komentar seputar rekomendasi itu.

Editor: Rony Sitanggang
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak