HEADLINE

Tour de Banyuwangi Ijen Tak Lagi Didominasi Pebalap Iran

"Kejuaraan Balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2015 dipastikan lebih konpetitif."

Hermawan Arifianto

Ilustrasi Kejuaraan Balap Sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen. Foto:Antara
Ilustrasi Kejuaraan Balap Sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen. Foto:Antara

KBR, Banyuwangi - Kejuaraan Balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2015 dipastikan lebih konpetitif.

Race Director Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), Jamaludin Mahmood mengatakan,  para pebalap Eropa dan Asia telah menyiapkan king of mountain untuk menaklukan tanjakan Gunung Ijen yang termasuk tanjakan terekstrim di Asia.

Menurut Jamaludin, Pemenang Internasional Tour de Banyuwangi Ijen tahun 2014 Peter Pouly kembali bertarung pada tahun ini. Selain itu, pebalap ternama lainya, seperti Thomas Rabouw (Santic Racing Team),  Andrea Palini (Skydive Dubai), dan Aiman Cahyadi (Pegasus), akan bertarung menaklukkan tanjakan Ijen.

Kata Jamaludin, pebalap-pebalap Iran juga tidak akan mendominasi seperti tiga kali kejuaraan sebelumnya. Menurut dia, dua klub balap sepeda Iran, yakni Tabriz Petrochemical Team dan Pishgaman Yazd Iran, absen dalam ITdBI kali ini. Karena kedua tim tersebut mengincar kemenangan di Olimpiade sehingga membutuhkan poin lebih banyak.

“Untuk Iran sebenarnya bukan berkurang cuma mereka membagikan jatah lomba mereka. Karena bagi tim seperti tim Tabriz Petrochemical dan Pishgaman Yazd Iran mereka mengincar olimpiade, apabila mereka mengincar olimpiade mereka mengincar event yang mempunyai poin yang lebih tinggi yaitu Tour of Japan. Disana itu mereka mengincar 80 poin kalau disini 40 poin jadi ada dobel poin,”kata Jamaludin Mahmood (5/5/2015).

Race Director Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) Jamaludin Mahmood menambahkan, Selian pebalap Iran, tim asal Jepang, Asian Racing Team, juga absen karena lebih memilih mengikuti kejuaraan  di negara mereka. Meski begitu, kata jamal, Matrix Powertag asal Jepang yang memilih ITdBI juga punya pebalap-pebalap bagus yang membuat pertadingan lebih kompetitif.

ITdBI yang akan dihelat 6 hingga 9 Mei 2015 menempuh empat etape sepanjang 555 kilometer. Ada 25 negara yang mengikuti kejuaraan ini diantaranya, Prancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, China, Italia, Uzbekistan dan Indonesia. 

Editor: Malika

  • balap sepeda
  • banyuwangi balap sepeda
  • tour de Banyuwangi
  • Tour de Ijen
  • tanjakan ijen
  • ITdBI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!