HEADLINE

Pemerintah Tak Akan Usir Pengungsi Myanmar dan Bangladesh

"Kementerian Luar Negeri tidak akan mengusir pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang memasuki perairan Indonesia."

Yudi Rachman

Pemerintah Tak Akan Usir Pengungsi Myanmar dan Bangladesh
Sejumlah anak Myanmar yang ikut terdampar bersama ratusan orang lainnya di Aceh (Foto: KBR)

KBR, Jakarta- Kementerian Luar Negeri tidak akan mengusir pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang memasuki perairan Indonesia. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir, pemerintah Indonesia melakukan kebijakan sesuai dengan prosedur konvensi soal pengungsi. Kata dia, meskipun tidak menerima pengungsi, Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan seperti tempat tinggal makanan hingga ada keputusan dari lembaga PBB untuk urusan pengungsi.

"Apa yang kita lakukan adalah sesuai dengan konvensi PBB mengenai pengungsi. Bahwa negara yang kemasukan pengungsi harus memberikan bantuan. Meskipun kita bukan anggota pihak dari konvensi tersebut, kita menerapkan kebijakan yang sejalan dengan konvensi tersebut," jelas Juru bicara Kemenlu Armanatha Nasir, Kamis (14/5).

"Kita memberikan bantuan, makanan, kita berikan mereka shelter dan tempat dan kita melaporkan kepada UNHCR dan IOF," tambahnya lagi.

Sebelumnya, sekitar 500 pengungsi dari Rohingya Myanmar dan Bangladesh terdampar di lautan Aceh Utara. Mereka ditampung oleh pemerintah setempat. TNI sendiri meyakini, ada beberapa kapal pembawa ratusan pengungsi yang mulai mendekati perairan Indonesia di selat Malaka.Ratusan pengungsi itu bertujuan ke negara Jiran Malaysian untuk mengadu nasib. 

Editor: Dimas Rizky

  • pengungsi
  • imigran
  • Myanmar
  • Bangladesh
  • rohingnya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!