HEADLINE

Pemerintah Siap Groundbreaking 8 Waduk

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat siap memulai pembangunan (groundbreaking) 8 waduk di beberapa wilayah."

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono/ Foto: Antara
Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

KBR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat siap memulai pembangunan (groundbreaking) delapan waduk di beberapa wilayah. Beberapa waduk tersebut di antaranya ada di Aceh, Sulawesi Utara, Banten, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya menargetkan tahun ini bisa memulai pembangunan 13 waduk. Kata dia, anggaran pembangunan tiap waduk bervariasi. 

"Yang sekarang 13, tahun depan 8, terus sampai, lima tahun itu 49 waduk," jelas Basuki di JCC Senayan (15/5/2015). 

Menurut dia anggaran yang disediakan sangat besar. "Satu bendungan itu bisa dari Rp 600 miliar sampai sampai 1, sekian triliun. Yang sekarang ini, dari 13, yang sudah siap untuk digroundbreaking sekitar Kerto, Karian, Lolak, Logung, Ratnamo, Pasar Loreng, Tanjung Mila, baru 8, tapi itu terus sampai Agustus nanti."

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menambahkan, waduk diperlukan salah satunya sebagai penampung air (reservoir). Kata dia, reservoir akan menjamin persediaan air yang bisa digunakan ketika musim kemarau.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • pembangunan 8 waduk
  • Waduk
  • pekerjaan umum

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!