HEADLINE

Pemerintah Kaji Dana Stabilitas BBM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Pemerintah tengah mengkaji penerapan dana stabilitas bahan bakar minyak (BBM). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, dana ini seperti tabungan yang diperoleh ketika harga minyak turun. Kata dia, dana tersebut digunakan untuk mengontrol agar harga BBM subsidi tidak terlalu melonjak di saat harga minyak naik.

"Kita akan pikirkan, harus ada, ini kalau lagi rendah, namanya ada kontribusi disimpan, kalau lagi tinggi, namanya ada kompensasi, diharapkan dana ini kalau disimpen, dengan prediksi yang baik, menjadi tidak membebani anggaran negara, masyarakat diuntungkan, karena harganya relatif stabil, kemudian frekuensi kenaikannya nggak terlalu sering," kata Sudirman Said di Kantor ESDM, Minggu (31/5/2015).


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menambahkan, pada November nanti pihaknya akan memutuskan rentang waktu penyesuaian harga BBM. Kata dia, diperkirakan waktu penyesuaian setidaknya setiap tiga bulan sekali. Sementara untuk BBM nonsubsidi, diserahkan kepada Pertamina dan swasta.

 "Yang nonsubsidi sih diserahkan pada badan usaha, BUMN maupun swasta. Kalau yang subsidi itu, nomer satu, frekuensi penyesuainnya kan dipanjangkan, berapa panjang? Saya akan menggunakan November nanti sebagai patokan di mana kita bisa mmutuskan, apakah tiga bulan, yang pasti, tidak akan setiap kali naik akan disesuaikan. Jadi frekuensinya diperlebar," lanjut Sudirman. 

Editor: Malika

  • stabilitas BBM
  • ESDM sudirman said
  • penerapan dana stabilitas BBM
  • penyesuaian harga BBM
  • Harga BBM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!