HEADLINE

Kota Solo Bakal Punya Monumen Tragedi Mei 1998

"Menurut Rudy, pembangunan monumen ini sebagai pengingat agar peristiwa tersebut tidak terulang lagi di Solo "

Ikon kota Solo
Ikon kota Solo. (Foto: Yudha. S)

KBR, Solo - KBR-Solo, Walikota Solo, Hadi Rudyatmo menyetujui usulan rencana pembangunan monumen tragedi Mei 1998 di Solo. Menurut Rudy, pembangunan monumen ini sebagai pengingat agar peristiwa tersebut tidak terulang lagi di Solo. Namun begitu Rudy menegaskan perlunya kajian secara akurat dan mendalam bukti sejarah terjadinya tragedi kerusuhan Mei 17 tahun silam.

“Kalau mau membangun prasasti atau monumen tragedi Mei 1998 di Solo, ya nggak masalah buat saya..ini kan tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar tidak terulang kembali...kan harus ada kejelasan bagaimana rangkaian persitiwa, para saksi sejarah, para korban yang masih hidup maupun yang meninggal, lokasi kejadian, dan sebagainya..harus akurat..soalnya ini kan menyangkut peristiwa kelam, korban yang meninggal di tragedi itu..selain itu, juga perlu mengetahui kondisi dan latar belakang para keluarga korban tragedi Mei 1998 ini..” ujar Hadi Rudyatmo, Selasa (12/5/2015).


Sebagaimana diketahui, usulan pembangunan monumen atau prasasti mengenang tragedi Mei 1998 mencuat baru-baru ini di Solo. Peristiwa Tragedi mei 1998 terjadi Solo antara lain demonstrasi ribuan mahasiswa berbagai kampus di Solo, aksi penjarahan dan pembakaran pusat perbelanjaan dan kawasan perdagangan di Solo yang mengakibatkan korban jiwa. Peristiwa ini menjadi sisi kelam kota Solo. 

Editor: Malika

  • tragedi 1998
  • monumen 1998 di solo
  • solo
  • mei 98
  • tragedi mei 98
  • hadi rudytatmo
  • kerusuhan mei
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!