Kemenkumham Puji Peran Masyarakat Aceh dalam Tangani Pengungsi Rohingya

Indonesia sebagai negara yang menghormati HAM akan memberikan pemenuhan hak dasar manusia untuk pengungsi.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 19 Mei 2015 18:36 WIB

Author

Yudi Rachman

Kemenkumham Puji Peran Masyarakat Aceh dalam Tangani Pengungsi Rohingya

Warga Myanmar yang terdampar di Aceh Utara (Foto: Erwin/KBR)

KBR, Jakarta- Kementerian Hukum dan HAM memuji peran serta masyarakat dalam penanganan pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Aceh. Menurut Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Mualimin Abdi, Indonesia sebagai negara yang menghormati HAM akan memberikan pemenuhan hak dasar manusia untuk pengungsi. Saat ini, pemerintah masih berkoordinasi dengan lembaga PBB untuk pengungsi UNHCR.

"Pada dasarnya setiap orang itu wajib diberikan perlindungan dan pemenuhan hak asasinya terutama hak dasarnya, siapa pun dia. Nah, apa yang dilakukan pemerintah Republik Indonesiam tentunya itu dulu karenanya tidak mungkin orang yang begitu banyak yang sudah terdampar di perairan Indonesia kita dorong lagi ke lautan lepas, kalau menurut kami kalau itu dilakukan kita menjadi bangsa yang kurang beradab. Langkah itu sudah tepat agar dilakukan tindakan emergency agar pemenuhan hak dasarnya terpenuhi," jelas Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia  Mualimin Abdi di kantor Kemenhukam, Jakarta, Selasa (19/5).

Mualimin Abdi menambahkan, pengungsi Rohingya dan Bangladesh itu akan ditangani dengan baik agar tidak terjadi masalah di lokasi penampungan. Terutama untuk menghindari campur baur atau terjadinya perkawinan di lokasi penampungan yang akan menimbulkan masalah baru di masa depan. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN